Rekomendasi Harga Emas 13 Agustus 2020: Berusaha Stabil Setelah Penurunan Tajam

Rifanfinancindo

Rifanfinancindo – Data inflasi AS bulan Juli muncul diatas daripada yang diperkirakan. Consumer Price Index pada bulan Juli naik 0.6% setelah pada bulan Juni juga naik 0.6%, menurut laporan Departemen Tenaga Kerja AS. Konsensus memperkirakan kenaikan 0.3%. Inflasi tahunan juga muncul diatas daripada yang diperkirakan pada bulan Juli di 1% setelah membukukan kenaikan 0.6% di bulan Juni.

Para ekonom tidak terlalu impresif dengan data inflasi, meskipun angkanya mengatasi daripada yang diperkirakan.

Sementara jauh lebih kuat daripada yang diperkirakan, angkanya masih jauh dibawah dari angka yang ada sebelum pandemi. Sebagai reaksi awal, harga emas mengalami kenaikan dan berusaha untuk melanjutkan “rebound” setelah terjadi koreksi yang tajam pada hari Selasa.

Emas berjangka diperdagangkan di $1,946.70 per ons, naik 0.02%. Sementara emas Antam ditawarkan beli pada Rp 1.026.000,- per gram, turun Rp 30.000,-

Harga emas berusaha stabil pada hari Rabu kemarin setelah turun tajam lebih dari $100 per hari dan jatuh dibawah $1,900 ditengah munculnya kembali sentimen yang positip terhadap resiko dan aksi ambil untung yang masif.

Pasar saham global kebanyakan naik pada perdagangan semalam dan indeks saham AS juga mengarah naik pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Pada pertengahan minggu ini, minat terhadap resiko mengalami kenaikan dan ada tanda-tanda psikologi pasar berubah sedikit mengenai pandemik Covid – 19. Meskipun kebanyakan orang percaya bahwa persetujuan vaksin yang diumumkan Rusia pada hari Selasa adalah prematur, namun nampaknya ada pertumbuhan pendapat bahwa yang terburuk dari coronavirus sudah lewat baik secara ekonomi maupun secara korban manusia.

Semua hal diatas adalah elemen bullish bagi saham dan beberapa komoditi dan bearish bagi emas dan treasury AS.

Kenaikan emas lebih lanjut akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $1,948.40 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,975.00 dan kemudian $2,000.00. Sedangkan “support” terdekat menunggu di $1,900.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,875.00 dan kemudian $1,865.00. Rifanfinancindo.

Sumber : Vibiznews

Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.