Rekomendasi Harga Emas 13 – 17 Juli 2020: Penurunan Akan Dibeli Diharga Lebih Rendah

Rifan Financindo

Rifan Financindo – Emas mengalami rally untuk minggu kelima berturut-turut dan tren bullish ini mentargetkan ketinggian rekor tahun 2011. Saat ini emas spot berada di $1,798 per ons dengan harga berjangka Comex kontrak bulan Agustus diperdagangkan di $1,808.30.

Para investor ditarik antara harapan pemulihan ekonomi dengan kekuatiran akan naiknya kasus coronavirus di AS, yang bisa memperlambat segalanya.

Amerika Serikat melaporkan kasus baru sebanyak 60.000 pada hari Kamis – rekor ketinggian yang baru. Meskipun ada tren bullish di dalam pergerakan harga emas, saham-saham tetap naik pada hari Jumat, sebagian besar mengabaikan keprihatinan akan Covid-19.

Pembukaan kembali ekonomi kelihatannya tidak bisa berjalan secepat yang dipikirkan orang. Bisa jadi akan ada penutupan lagi di Florida dan Texas. Ditambah lagi beberapa negara lainnya akan lebih berhati-hati untuk membuka kembali ekonominya berdasarkan pengalaman Amerika Serikat. Ekonomi bisa melambat memasuki bulan Agustus dan September.

Konsolidasi kesekitar $1,800 bisa saja terjadi namun hanya akan membawa kepada pembelian di harga yang lebih rendah. Saat ini harga emas berkonsolidasi disekitar harga sekarang namun dengan kecenderungan naik dengan alasan pemulihan ekonomi kemungkinan akan melambat. Akibatnya the Fed masih akan terus melakukan upaya pelonggaran, yang pada gilirannya akan membawa naik harga emas setelah berkonsolidasi sebelumnya.

Emas belum pernah mencapai level setinggi ini selama 9 tahun, maka kemungkinan akan mentest support beberapa kali sebelum naik lebih tinggi.

Hal-hal lain yang mendukung kenaikan harga emas jangka panjang adalah masih berlanjutnya kebijakan moneter yang longgar secara agresif, tingkat bunga yang sangat rendah, imbal hasil riil AS yang negatif, stimulus fiskal, dan outlook tehnikal yang “bullish” serta keengganan terhadap resiko yang terus menghantui pasar.

Data-data makro ekonomi yang harus diperhatikan adalah angka inflasi AS yang kemungkinan akan naik dari 1.2% ke 1.3% untuk Core Consumer Price Index bulan Juni. Klaim pengangguran mingguan AS juga sama menarik perhatiannya, apakah akan naik karena restriksi yang baru atau terus turun.

Para ekonom memperkirakan University of Michigan’s Consumer Sentiment Index AS akan mengalami kenaikan ke 80 poin, untuk angka pendahuluan di bulan Juli.

Kenaikan harga emas kembali akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $1,829 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,840 dan kemudian $1,850. Sedangkan penurunnya akan berhadapan dengan “support” terdekat di $1,800 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,790 dan kemudian $1,779. Rifan Financindo.

Sumber : Vibiznews

Tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.