Rekomendasi Harga Emas 11 September 2020: Naik Karena Turunnya USD

PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo – Harga emas naik sedikit pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat didukung oleh melemahnya indeks dolar AS dan oleh postur “bullish” dari grafik tehnikal secara keseluruhan.

Emas berjangka kontrak bulan Oktober diperdagangkan naik 0.08% pada $1,956.40 per ons. Sementara emas Antam ditawarkan beli pada Rp 1.027.000,- per gram, naik Rp 10.000,-

Pasar saham global kebanyakan melemah dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah sedikit melemah ketika pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Para trader dan investor bertanya-tanya apakah “rebound” dipasar saham akan terus berlanjut, setelah indeks saham membukukan keuntungan yang solid pada hari Rabu.

Fokus pasar global pada hari Kamis adalah pada pertemuan kebijakan moneter ECB. Pasar emas relatif stabil dengan keputusan kebijakan moneter dari European Central Bank (ECB) tidak mengandung kejutan bagi investor. Sebagaimana yang telah diperkirakan, pada hari Kamis, ECB mengumumkan bahwa tingkat bunga tidak berubah. ECB juga mempertahankan langkah stimulus darurat dengan kecepatan yang ada sekarang karena terus mendukung ekonomi Eropa yang terpukul keras oleh pandemik Covid – 19. Bank Sentral Eropa ini akan meneruskan pembelian pandemic emergency purchase programme (PEPP) senilai total €1,350 miliar.

Menjelang keputusan ECB perkiraan pasar meningkat bahwa bank sentral Eropa ini akan mengeluarkan langkah-langkah stimulus lebih banyak dalam rangka mendorong naik inflasi.
Namun ECB tetap mengulangi pernyataan sikapnya bahwa mereka siap bertindak apabila diperlukan.
Pernyataan dari ECB mengatakan bahwa bank sentral Eropa ini terus siap menyesuaikan semua instrumennya sedemikian rupa sehingga bisa menjamin bahwa inflasi bergerak ke arah yang dituju.

Pasar emas mendapatkan momentum pembelian yang baru dengan pasar tenaga kerja AS terus berjuang karena aplikasi untuk mendapatkan “benefit” pengangguran mingguan tetap tinggi secara signifikan.
Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan bahwa ada 884.000 orang Amerika yang pertama kali mengajukan diri untuk mendapatkan “benefit” dari pengangguran mingguan, masih dibawah dari batas 1 juta orang, meskipun sedikit lebih tinggi daripada yang diperkirakan pasar sebesar 838.000.

Hal penting diluar pasar metal adalah melemahnya indeks dolar AS setelah mendapatkan banyak keuntungan pada hari Rabu pagi.

Kenaikan selanjutnya akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $1,972.40 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,992.50 dan kemudian $2,000.00. Sedangkan penurunannya akan berhadapan dengan “support” terdekat di $1,1927.63 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,908.51 dan kemudian $1,877.73. PT Rifan Financindo.

Sumber : Vibiznews

Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.