Rekomendasi Emas 30 September 2021: Turun Setelah Pernyataan Yellen

Rifan Financindo

Rifan Financindo – Harga emas naik pada awal perdagangan sesi AS hari Rabu, karena koreksi rebound setelah turun menyentuh kerendahan 6 minggu. Terlihat aksi “short covering” dari para traders futures jangka pendek. Kenaikan dari emas terbatas pada pertengahan minggu dengan pasar menjadi lebih tenang setelah penurunan yang tajam akibat aksi jual di pasar saham AS pada hari Selasa.

Treasury Secretary Janet Yellen berbicara di depan Senat AS pada hari Selasa, jika batas atas hutang AS tidak di naikkan pada waktunya, AS akan mengalami default, yang akan memicu krisis keuangan dan menghancurkan nilai dollar AS. Yellen mengatakan bahwa jika batas atas hutang tidak dinaikkan, akan terjadi krisis keuangan, yang akan merusak keyakinan akan dollar AS sebagai matauang cadangan dunia dan akan membuat luka yang besar.

Pernyataan Yellen langsung membuat harga emas merosot, turun $8. ke $1,725. Sementara perak Comex bulan Desember turun $0.202 ke $22.265 per ons.

Pasar saham global bervariasi dalam perdagangan semalam, dengan saham-saham Asia kebanyakan melemah dan saham-saham Eropa kebanyakan naik. Indeks saham AS mengarah naik pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai, setelah mengalami kerugian yang tajam pada hari Selasa.

Pasar kelihatannya sedikit tenang pada pertengahan minggu, setelah pada awal minggu dikuasai oleh keengganan terhadap resiko yang dipicu oleh naiknya yields obligasi pemerintah dan kekuatiran akan kekurangan energi di negara-negara dengan ekonomi utama di dunia. Selain itu, pasar keuangan kelihatannya juga lambat bereaksi terhadap pertemuan FOMC minggu lalu dimana the Fed meletakkan dasar-dasar untuk melakukan “tapering” atas program pembelian obligasi bulanan.

Paket infrastruktur dari Demokrat akan diambil pemungutan suara di House of Representatives pada hari Kamis. Sementara itu, belanja pemerintah AS akan habis pada hari Kamis malam yang apabila tidak diperpanjang akan menyebabkan penutupan kegiatan sebagian dari aktifitas pemerintah.

“Support” terdekat menunggu di $1,725 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,700 dan kemudian $1,680. “Resistance” terdekat menunggu di $1,750 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,760 dan kemudian $1,774. Rifan Financindo.

Sumber : Vibiznews

Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.