Rekomendasi Emas 29 Januari 2021: Naik Karena Permintaan Safe-Haven

PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo – Harga emas rally pada awal perdagangan sesi AS, menghapus kerugian dalam perdagangan semalam. Kelihatannya pemintaan safe-haven terhadap emas muncul kembali ditengah pembicaraan yang meningkat dan spekulasi mengenai apa yang bisa terjadi kepada para “short-sellers” di dalam pasar saham AS. Para Hedge Fund Manager yang melakukan short sell saham AS dihantui kerugian karena naiknya saham Game Stop tanpa terduga, dan membeli emas sebagai lindung nilai terhadap ancaman kerugian di posisi saham mereka.

Emas berjangka kontrak bulan Februari diperdagangkan naik $13.50 ke $1,858.40 per ons.

Pasar saham global kebanyakan turun dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah naik pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai dan menghapus kerugian dalam perdagangan semalam. Sentimen terhadap resiko para trade dan investor sedikit berkurang pada minggu ini. Jika indeks saham AS terus mengalami aksi jual pada akhir minggu ini, kemungkinan puncaknya pasar sudah terjadi. Semakin banyak pengamat pasar menganggap pasar saham AS telah menjadi sangat bergejolak dengan banyaknya uang beredar akibat kebijakan uang mudah dari Federal Reserve. Jika indeks saham AS terus mengalami aksi jual pada akhir minggu ini, kemungkinan puncaknya pasar sudah terjadi. Semakin banyak pengamat pasar menganggap pasar saham AS telah menjadi sangat bergejolak dengan banyaknya uang beredar akibat kebijakan uang mudah dari Federal Reserve.

Sementara World Gold Council melaporkan permintaan global emas jatuh ke level terendah dalam 13 tahun selama kuartal keempat tahun 2020. Pembelian perhiasan emas juga melemah selama pandemik. Dari luar pasar metal, indeks dolar AS melemah.

Departemen tenaga kerja AS mengatakan bahwa klaim pengangguran mingguan AS turun sebanyak 67.000 menjadi 847.000 dari minggu sebelumnya di 914.000. Angka ini lebih baik daripada yang diperkirakan sebesar 880.000.

Sementara departemen perdagangan AS melaporkan GDP AS kuartal keempat bertambah 4% yang dibawah daripada yang diperkirakan sebesar 4.2%.

“Support” terdekat menunggu di $1,840.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,830.00 dan kemudian $1,825.00. “Resistance” terdekat menunggu di $1,864.77 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,886.56 dan kemudian $1,900,00. PT Rifan Financindo.

Sumber : Vibiznews

rifan financindo