Rekomendasi Emas 24 Juni 2021: Koreksi Naik Pada Pertengahan Minggu

PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo – Harga emas naik moderat pada awal perdagangan sesi AS hari Rabu dengan terjadinya koreksi rebound dari tekanan jual yang kuat baru-baru ini.

Emas berjangka kontrak bulan Agustus naik $6.40 ke $1,783.70 per troy ons. Perak Comex bulan Juli naik $0.188 pada $26.055 per ons.

Harga emas berada di territory positip dengan kenaikan mendekati $1,800 per ons setelah keluarnya data ekonomi di sektor manufaktur dan jasa yang bervariasi. IHS Markit mengatakan bahwa Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur AS untuk bulan Juni naik ke angka 62.6, dari angka bulan Mei di 62.1. Angka ini juga lebih baik daripada yang diperkirakan para ekonom di 61.5. Selain itu angka ini menunjukkan rekor ketinggian yang baru di sektor manufaktur.

Namun pada saat yang bersamaan laporan tersebut juga mengatakan bahwa PMI sektor jasa turun ke angka 64.8 dari angka bulan Mei di 70.4 sementara angka konsensus diperkirakan berada di sekitar 70. Sektor jasa turun ke kerendahan dua bulan.

Harga emas yang telah berada di teritori positip menjelang keluarnya data PMI AS telah mendorong naik harga emas lebih lanjut sebagai reaksi awal.

Walaupun data ekonomi AS terus menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang kuat, inflasi terus menjadi keprihatinan yang signifikan.

Pasar saham global datar dengan rentang yang sempit dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah naik pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai dan berada di dekat rekor ketinggian yang baru. Pasar pada pertengahan minggu kelihatannya berhasil diyakinkan oleh komentar yang dibuat oleh kepala Federal Reserve Jerome Powell pada minggu ini bahwa kenaikan inflasi hanya bersifat sementara dan bahwa the Fed tidak akan menekan rem atas kebijakan uang mudahnya dengan terlalu cepat. Akibatnya indeks dollar AS mengalami penurunan yang pada gilirannya menopang kenaikan harga emas.

“Support” terdekat menunggu di $1,775 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,761 dan kemudian $1,750. “Resistance” terdekat menunggu di $1,790 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,800 dan kemudian $1,826. PT Rifan Financindo.

Sumber : Vibiznews

Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.