Rekomendasi Emas 20 Agustus 2021:Tertekan Oleh Naiknya Dolar AS.

PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifan Financindo Berjangka – Harga emas diperdagangkan naik sedikit pada awal perdagangan sesi AS karena permintaan safe-haven ditengah naiknya keengganan terhadap resiko di pasar pada minggu ini. Namun kenaikan emas dikalahkan oleh naiknya indeks dollar AS dan turunnya harga minyak mentah, sehingga dalam jam perdagangan selanjutnya emas berjangka kontrak bulan Oktober turun $1.70 ke $1,780.60 per troy ons. Sementara perak Comex bulan September juga turun $0.072 ke $23.35 per ons.

Pasar saham global kebanyakan turun dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah turun dengan solid ketika perdagangan sesi New York dimulai. Pergerakan naik indeks saham AS memudar pada minggu ini dan perlu dibantu segera untuk menghindari kerusakan tehnikal secara jangka pendek.

Risalah pertemuan the Fed memberikan signal pengurangan skema pembelian obligasi atau pengetatan (tapering) sudah ada di dalam agenda the Fed.

Tapering sedang datang, inilah narasi yang datang dari risalah pertemuan Federal Reserve dan hal ini mendorong naik dollar AS. Jika the Fed memang benar mengurangi skema pembelian obligasinya, matauang dollar AS memiliki ruang untuk naik.

Namun menguatnya dollar AS ini bisa mencapai batasnya dan mengalami koreksi dengan para investor mulai berpikir ulang mengenai makna dari risalah pertemuan FOMC the Fed.

Pertama, pengumuman di atas mengenai pengurangan pembelian obligasi pada tahun ini sudah ada di dalam agenda sebelumnya. Kedua, risalah tersebut berasal dari pertemuaan yang diadakan pada akhir bulan Juli, dan sejak saat itu, beberapa data ekonomi AS yang keluar mengecewakan. Consumer Confidence bulan Agustus turun lebih rendah dari kerendahan selama pandemik dan angka penjualan ritel bulan Juli, sangat mengecewakan. Terlebih lagi varian Covid Delta terus menyebar dengan cepatnya. Ketiga, dari risalah dapat disimpulkan bahwa the Fed tidak akan secara otomatis menaikkan tingkat bunga pada saat mengakhiri proses tapering.

“Support” terdekat menunggu di $1,774 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,760 dan kemudian $1,740. “Resistance” terdekat menunggu di $1,795 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,800 dan kemudian $1,805. PT Rifan Financindo Berjangka.

Sumber : Vibiznews

Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.