Rekomendasi Emas 1 – 5 Februari 2021: Pasar Emas Masih Bullish?

Rifan Financindo

Rifan Financindo – Rally di pasar metal berharga membuat emas naik lebih dari 1% dan perak naik lebih dari 5% dalam satu hari. Biasanya perak mengikuti pergerakan emas, sekarang terbalik, emas mengikuti pergerakan perak dengan adanya gelombang minat baru terhadap perak.

Pergerakan harga emas pada hari Jumat tidak berhubungan dengan emas. Kenaikan harga emas lebih banyak disebabkan kepada apa yang terjadi di pasar saham. Mereka yang tidak bisa menaikkan harga saham GameStop lebih lanjut karena dikeluarkannya larangan oleh apps Robinhood sebagian mengalihkan pembeliannya ke metal berharga perak dan emas. Selain itu para Hedge Fund besar yang terpukul karena melakukan aksi short-selling sebagian berusaha mencari lindung nilai di metal berharga perak dan emas.

Perak mengalami kenaikan dari sekitar $25 menjadi $27.80 sedangkan emas naik dari $1,840 ke hampir mendekati $1,880 dalam sehari selama dua hari berturut – turut. Emas berjangka kontral bulan April terakhir diperdagangkan kembali turun ke $1,848 setelah kenaikan tiba – tiba yang sementara.

Ada minat ritel yang signifikan di perak baik di pasar fisik maupun di ETF. Selain itu juga saham – saham pertambangan yang murah menjadi incaran untuk dibawa naik, sama seperti fenomena saham GameStop. Ini luarbiasa. Setiap orang seperti mengejar untuk membeli dipasar. Jika hal ini berlanjut terus, emas bisa naik lagi.

Ada tanda – tanda investor ritel yang baru sedang memasuki pasar perdagangan termasuk di pasar emas. Hal ini bisa mendorong naik harga emas khususnya dengan mempertimbangkan fundamentalnya mendukung.

Minat terhadap perak yang tumpah ke emas akan bisa membantu harga emas naik mencapai $1,900 pada minggu ini, apalagi dengan dolar AS sedikit melemah pada hari Jumat.

Seberapa jauh kenaikan harga tergantung kepada pandangan dari para pemain baru ini yang tidak memandang kepada metal berharga sebelumnya. Fenomena Reddit ini baru saja membuat pasar yang lebih luas di perak dan emas terbangun dan orang baru saja menaruh perhatian.

Bahaya dari mengejar pasar seperti ini adalah bisa tiba – tiba terjadi koreksi yang substansial. Selain itu kelihatannya masih terlalu pagi untuk mendorong harga emas naik tinggi, dengan dolar AS masih diperdagangkan naik, paling tidak mendatar dan rencana stimulus AS masih belum disetujui.

Apabila minat mengejar pasar ini terus berlanjut pada minggu ini, harga emas bisa ditutup diatas $1,872 yang apabila berhasil ditembus akan membuka pintu kenaikan ke $1,895 – $1,900 yang apabila masih berhasil ditembus bisa menantang harga emas di $1,950. Sebaliknya apabila berbalik turun akan berhadapan dengan “support” di $1,830 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,800 dan kemudian ke $1,740.

Gambaran makro dari emas masih positip oleh karena beberapa penggerak naik seperti pencetakan uang, lebih banyaknya stimulus, Federal Reserve yang akomodatif dan resiko inflasi baik inflasi karena nilai uang yang jatuh maupun inflasi karena kenaikan harga komoditas akibat kelangkaan karena lockdown. Semua ini adalah faktor yang bullish bagi harga emas. Dari perspektif makro data masih tetap kritikal. Data terbesar yang akan keluar minggu ini adalah Non-Farm Payroll AS untuk bulan Januari. Setelah penurunan sebanyak 140.000 pekerjaan pada bulan Desember, diperkirakan pada bulan ini akan muncul dengan sedikit kenaikan. Selain itu pasar akan sangat menaruh perhatian terhadap kemajuan stimulus fiskal AS pada minggu ini. Rifan Financindo.

Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.