PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Portugal Bail Out Banco Espirito Santo, Harga Emas LLG Melemah

Selasa, 5 Agustus 2014

Harga emas LLG pada penutupan perdagangan Senin 4 Agustus 2014 terpantau ditutup melemah dini hari tadi. Pelemahan harga emas LLG dipicu oleh sentimen negatif dari penguatan bursa saham di Amerika Serikat serta kebijakan bail out terhadap Banco Espiritop Santo oleh otoritas Portugal.

Pergerakan harga emas yang sempat menguat signifikan pada akhir pekan lalu, terpantau langsung kembali melemah pada perdagangan awal pekan ini. Penguatan harga emas yang dipicu oleh kondisi negatif pada sektor pekerja AS, kembali tertekan oleh penguatan di bursa saham baik untuk kawasan Amerika Serikat maupun Eropa.

Dari Bursa Saham Amerika Serikat, rilis data-data laporang keuangan yang cenderung memberikan hasil keuntungan diatas ekspektasi, membuat pergerakan Wall Street kembali terangkat. Dampak dari hal tersebut, perdagangan di bursa emas yang lebih bersifat safe haven cukup mengalami tekanan hingga harus ditutup melemah Senin lalu.

Sementara dari pergerakan di Bursa saham Eropa, kebijakan bail out terhadap salah satu bank terbesar Portugal yaitu Banco Espirito Santo terpantau berhasil memicu reboundnya bursa saham setempat. Rencana otoritas Portugal yang diisukan akan memberi suntikan dana $4,9 hingga $6,58 miliar cukup menepis kekhawatiran akan kolapsnya sistem keuangan Portugal,

Pada perdagangan Senin 4 Agustus 2014 yang ditutup dini hari tadi, harga emas LLG terpantau ditutup melemah. Harga emas LLG turun 0,36% ke tingkat harga $1.288,2/t oz atau melemah $4,65/t oz.

Sementara dari perdagangan emas berjangka di Bursa Comex, harga emas juga terpantau ditutup melemah dini hari tadi. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2014 turun 0,46% ke tingkat harga $1.288,9/t oz atau melemah $5,9/t oz.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi harga emas akan cenderung untuk bergerak kembali melemah pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh potensi aksi wait and see para investor terhadap data neraca perdagangan Amerika Serikat yang baru akan rilis pada Rabu mendatang. Terkait pergerakan harga, range normal diprediksi akan berada di kisaran $1.279-$1.299,5 pada emas LLG dan $1.280-$1.300 pada emas berjangka COmex untuk kontrak Desember 2014.

 

Sumber : Vibiznews

Bagus Aditoro/ Analyst Economy Research at Vibiz Research/VM/VBN
Editor: Jul Allens
image: Wikimedia