PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Perdagangan Fisik VS Perdagangan Kontrak

Rifan Financindo

Rifan Financindo – Khusus untuk emas mungkin ada sebagian sudah berinvestasi emas atapun pernah berencana berinvestasi emas, melihat potensi keuntungannya dengan cara membeli perhiasan ataupun emas batangan yang kemudian akan dijual kembali saat harganya naik. Tahukah Anda dapat melakukannya hal yang sama dengan Minyak? Kalau Anda berpikir caranya adalah dengan menimbun bensin atau pergi ke pom bensin membawa jerigen sebanyak mungkin untuk diisi dengan bensin dan disimpan, bukan itu yang saya maksudkan.

Loh kalau emas kan tinggal beli ke toko emas dan simpan, kalau minyak bukankah sama? Beli ke pom bensin dan simpan, kemudian jual kembali saat harga naik. Pada produk emas Anda boleh-boleh saja melakukan hal itu, namun sebaiknya Anda tidak mencobanya untuk bensin karena ada resiko hukum dan berhadapan dengan kepolisian. Jadi kalau begitu bagaimana caranya saya bisa berinvestasi minyak sama seperti dengan investasi emas?

Jawabannya adalah perdagangan pada Bursa Komoditi! Jika pada investasi emas dengan membeli perhiasan atau emas batangan, maka Anda akan memegang fisik perhiasan atau batangan emas, maka pada Bursa Komoditi yang dibeli dan dipegang adalah kontrak. Bingung? Mari kita lihat contoh yang kurang lebih sama, yaitu saat Anda membawa uang Anda sebanyak Rp.10.000.000 ke Bank, menyerahkannya ke petugas kasir, kemudian kasir akan mencetak ke dalam buku tabungan bahwa dana tabungan Anda bertambah 10 juta rupiah. Apa yang Anda pegang sebagai bukti kepemilikan 10 juta rupiah yang sudah Anda serahkan ke bank? Ya betul, hanya sebuah buku tabungan dan disitu tercantum jumlah uang Anda. Bagaimana jika sesuai contoh itu, maka uang diganti dengan emas, bank diganti dengan bursa dan buku tabungan diganti dengan kontrak? Jadi ketika Anda membeli dengan Emas misalkan sebesar 311 gram emas maka yang Anda dapatkan adalah kontrak Emas bukan fisiknya. Inilah mekanisme dasar yang dimiliki dalam perdagangan kontrak Komoditi.

Sudah paham sekarang tentang perdagangan kontrak? Mari saya jelaskan lebih lanjut, pada buku tabungan tercantum nama dan jumlah uang Anda, dapatkah Anda menjual buku tabungan tersebut seharga 10 juta sesuai dengan apa yang tercantum di buku tabungan? Jawabannya, sebenarnya tidak perlu, kalau mau begitu, tinggal lakukan penarikan dana saja dari bank. Nah disinilah perbedaan dengan perdagangan kontrak, Anda dapat menjual kontrak yang Anda miliki ke orang lain. Penjelasan lebih lanjut tentang hal ini akan dapat Anda lihat di bagian Sekolah Komoditi Emas & Minyak.

Satu hal yang penting disini adalah bahwa ada satu cara bagi Anda untuk membeli komoditi seperti emas dan minyak tanpa perlu memegang fisik emas ataupun minyak itu sendiri, melainkan hanya kontraknya saja, Anda tidak perlu khawatir dengan gudang, keamanan penyimpanan, ataupun hal-hal lain yang berkaitan dengan kondisi fisik komoditi yang dibeli.

Online Trading Komoditi Emas dan Minyak

Kemajuan teknologi menambah lagi kemudahan untuk berinvestasi, sekarang Anda dapat bertransaksi membeli atau menjual kontrak komoditi apapun termasuk emas dan minyak melalui internet, Anda tinggal melakukan beberapa klik maka Kontrak emas sebesar 3,11 kg dapat terbeli atau terjual. Bisa Anda lakukan di kamar tidur Anda, ruangan kantor, dalam perjalanan atau bahkan saat liburan di Bali. Baik dengan menggunakan Komputer, Notebook ataupun Ponsel, asalkan ada koneksi internet maka Anda dapat melakukannya.
Dengan Online Trading maka investasi komoditi Emas dan Minyak menjadi lebih mudah, cepat dan aman, Anda tidak perlu khawatir masalah penyimpanan dan bahkan Anda dapat memantau secara Real Time harga komoditi dunia. Keuntungan Anda dapat mengakses harga komoditi dunia adalah:

Tidak ketinggalan, harga dapat berubah dari detik ke detik entah naik atau turun, Anda dapat mengetahui kondisi terkini
Harga di bursa lebih kompetitif dibandingkan harga di toko emas, Antam ataupun pom bensin, baik dari sisi harga beli ataupun jual. Rifan Financindo.

 

Sumber : Belajar Investasi