PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Perang Dagang Dorong Penguatan Harga Emas

PT Rifan Financindo

 

PT Rifan Financindo – Harga emas naik pada perdagangan Selasa didorong oleh kekhawatiran perang dagang. Harga emas empat jatuh lebih dari 1 persen sehingga menyentuh level terendah dalam enam bulan karena kenaikan nilai tukar dolar AS.

Mengutip Reuters, Rabu (4/7/2018), harga emas di pasar spot naik 0,1 persen pada ke level USD 1.242,23 per ounce setelah sebelumnya jatuh sekitar 1 persen di level USD 1.239,20 per ounce yang merupakan level terendah sejak 12 Desember.

Sedangkan harga emas berjangka AS naik 0,1 persen ke level USD 1.243,10 per ounce.

Presiden AS Donald Trump memperingatkan Organisasi Perdagangan Dunia atas perselisihan perdagangan global usah lembaga tersebut mengeluarkan laporan bahwa langkah yang dilakukan oleh AS dapat memicu perang dagang.

Menurut mereka, mengenaan tarif yang dikeluarkan oleh AS dalam pembalasan yang dilakukan oleh perusahaan mitra akan menjadi bumerang untuk pertumbuhan ekonomi AS.

Sebelumnya, AS mengatakan bahwa bahwa keputusan Kanada untuk memberlakukan tarif senilai USD 12,63 miliar atas barang-barang Amerika sebagai pembalasan untuk tarif AS atas impor baja dan aluminium Kanada tidak akan membantu ekonomi.

Kamar Dagang AS mengkritik kebijakan Presiden Trump atas perselisihan perdagangan global. keluarnya laporan dari organisasi perdagangan dunia mengenai tarif yang dikenakan oleh Washington dan pembalasan oleh perusahaan mitra akan menjadi bumerang buruk pada ekonomi Amerika.

Para pelaku pasar pun mulai kembali mengumpulkan emas karena adanya perang dagang yang diperkirakan akan semakin memburuk tersebut. PT Rifan Financindo.

 

Sumber : Liputan 6