PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Penurunan Klaim Pengangguran AS Dorong Bursa Asia Menguat

Kamis, 7 November 2014

Bursa Saham Asia

PT. Rifan Financindo Berjangka, Saham-saham di kawasan Asia Pasifik (bursa Asia) menguat menghapus penurunan dalam sepekan terakhir. Pendorong penguatan tersebut adalah penurunan angka klaim pengangguran di Amerika Serikat (AS).
Mengutip Bloomberg, Jumat (7/11/2014), Indeks MSCI Asia Pasifik naik 0,1 persen ke level 140,18 pada pukul 09.03 waktu Tokyo, Jepang.

Indeks Topix Jepang naik 0,7 persen, Indeks S&P/ASX 200 Australia naik 0,5 persen dan Indeks NZX Selandia Baru menguat 0,3 persen. Berbeda Indeks Kospi Korea Selatan Turun 0,1 persen.

Jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim pengangguran untuk pertama kalinya turun ke tingkat terendah yaitu sebesar 278 ribu orang pada pekan yang yang berakhir pada 1 November. Level tersebut berada di bawa 285 ribu orang yang merupakan angka rata-rata dari 50 ekonom yang disurvei oleh Bloomberg.

Analis IG Ltd, Stan Shamu menjelaskan, penurunan angka klaim pengangguran tersebut lebih baik dari yang diharapkan, “Saat ini pelaku pasar sedang menunggu data ekonomi lainnya apakah lebih baik dari yang diharapkan.” jelasnya.

Jika memang data-data ekonomi di Amerika terus menunjukkan penguatan, bukan tidak mungkin pasar saham akan terus diminati oleh investor.

Sebelumnya, Bank Sentral Eropa juga telah memberikan sinyal untuk terus melakukan upaya-upaya untuk terus meningkatkan atau memulihkan pertumbuhan ekonomi di negara tersebut. (Gdn)

 

Sumber : Liputan 6