PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Penting, 5 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Setelah Olahraga

 

PT. Rifan Financindo Berjangka, Makanan merupakan asupan nutrisi yang penting bagi kesehatan dan kekuatan tubuh. Tapi, apa yang sebaiknya kamu makan selepas melakukan olahraga sangat perlu diperhatikan dengan baik. Usahakan agar tidak salah memilih makanan. Karena apa? Karena, salah memilih makanan yang dikonsumsi setelah olahraga bisa saja menyebabkan bahaya bagi kesehatan tubuh.

Dikutip dari laman prevention.com, salah mengkonsumsi makanan setelah olahraga bisa saja membuat tubuh kesulitan memulihkan energi yang hilang. Sebaiknya, kita mengkonsumsi makanan yang mengandung air, karbohidrat kompleks dan sejumlah protein agar tubuh selalu sehat dan mengesankan. Selama olahraga, tubuh mengeluarkan banyak energi dimana energi ini mengurangi glukosa atau zat gula. Untuk itu, disarankan agar kita mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatkan gula darah.

Terlepas dari itu semua, kita juga disarankan agar menghindari konsumsi beberapa makanan yang bisa memperburuk kesehatan selepas olahraga. Beberapa makanan tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

??? Sayuran Hijau (Mentah)

Sebenarnya, sayur merupakan makanan yang sangat sehat dan dibutuhkan oleh tubuh. Tapi, makan sayur hijau apalagi yang masih mentah selepas olahraga sangat tidak dianjurkan. Sayur adalah makanan yang mengandung rendah kalori. Untuk itu, ia tidak disarankan agar tidak dikonsumsi selepas olahraga. Meski telah makan banyak sayur, hal ini bisa saja membuat energi yang hilang selepas olahraga tidak pulih dengan baik.

??? Camilan Gurih atau Asin

Makanan selanjutnya yang tidak diperbolehkan dimakan selepas olahraga adalah camilan gurih atau asin. Makanan yang mengandung zat garam berlebih dikatakan bisa mengganggu keseimbangan mineral dan cairan dalam tubuh. Makanan asin juga bisa membuat perut kembung dan berisiko menyebabkan masuk angin. Olahraga adalah salah satu aktivitas yang mengurangi banyak keringat atau cairan. Untuk itu, kamu juga perlu mengembalikan keseimbangan dan asupan cairan tersebut.

??? Daging Olahan

Kenapa daging olahan tidak boleh dimakan selepas olahraga? Jawabannya adalah karena daging olahan merupakan makanan yang mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. Keberadaan lemak jenuh ini bisa memperlambat pencernaan dan kinerjanya tidak bisa berlangsung secara baik. Padahal, selepas olahraga, tubuh khususnya pencernaan memerlukan asupan protein sehat yang mudah dicerna.

??? Kentang Goreng

Siapa yang tidak suka dengan kentang goreng? Saya pastikan bahwa semua orang suka dengan makanan atau camilan yang satu ini. Tapi asal kita tahu saja, makan kentang goreng terlalu banyak apalagi selepas olahraga sangat tidak dianjurkan. Hal ini mengingat bahwa kentang goreng mengandung lemak, pati dan sodium yang nutrisi sehatnya telah hilang. Padahal, selepas olahraga tubuh memerlukan makanan yang sehat dan mengandung nutrisi baik buat mengembalikan energi dalam tubuh.

??? Minuman Bersoda atau Rasa Buah

Meskipun tubuh memerlukan glukosa atau gula selepas olahraga, minuman bersoda atau rasa buah tetap harus dihindari. Minuman bersoda dan rasa buah adalah minuman yang mengandung gula tinggi dan sangat berbahaya buat kesehatan tubuh. Tak hanya perlu dihindari selepas olahraga, minuman ini sebaiknya juga dihindari setiap harinya.

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi selepas olahraga. Selain makanan di atas, makanan lain yang perlu dihindari antara lain adalah telur yang digoreng pakai mentega atau margarin, aneka kue, produk sereal olahan, makanan pedas dan permen. Semoga, informasi ini bermanfaat dan kita pun semakin bijak untuk memilih makanan sehat buat menutrisi fisik maupun psikis kita.

 

 

Sumber : Vemale