PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Penolakan PM Ukraina Mengangkat Harga Emas LLG

Kamis, 4 September 2014

Perdagangan emas sesi Asia pagi ini sedikit terangkat dari perdagangan sesi AS yang berakhir dini hari tadi, hal ini disebabkan faktor teknikal yang membuat investor membeli komoditas safe haven ini pasca anjloknya emas perdagangan AS hari selasa lalu (2/9) hampir 2%. Selain alasan ini juga didorong sentimen dari konflik geopolitik Ukraina yang berpotensi panas kembali.

Diberitakan bahwa Presiden Rusia menyampaikan rencana gencatan senjatanya di wilayah timur Ukraina namun rencana tersebut ditolak oleh Perdana Menteri Ukraina . Selain itu juga pemimpin Eropa tidak setuju intervensi Rusia terhadap kelompok separatis di Ukraina, sehingga kondisi ini sedikit membuat tensi konflik di sana naik lagi.

Namun secara mayor, harga emas sudah jatuh dalam 2,5 bulan terakhir yang disebabkan menguatnya kurs dolar AS pasca menguatnya ekonomi negara ekonomi no 1 dunia tersebut, yang puncaknya anjlok hampir 2 % pada penutupan perdagangan AS Rabu dini hari. Emas telah jatuh ke satu bulan terendah ke level $1261,19/t oz? dan bangkit kembali 0,3% ke level $1268,28/t oz.

Harga emas spot sesi Asia pagi ini pun dibuka lebih tinggi dari penutupan sebelumnya dan kini sebelum berita ini dinaikkan harga emas bergulir di kisaran $1272,75. Sampai dengan akhir perdagangan hari ini, analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan emas akan melanjutkan penguatannya, secara teknikal emas sedang bergerak ke garis tengah bolinger 11 dan MA 5, emas akan bergerak pada kisaran $1265 ? $1275.

?Sumber : Vibiznews

Joel/Journalist/VM/VBN
Editor : Jul Allens