PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Peneliti Berhasil Ciptakan Komputer Organik dengan Memanfaatkan Otak Tikus

PT. Rifan Financindo Berjangka, Seorang neurobiologis di Duke University Medical Center bernama Miguel Nicolelis berhasil membuat sebuah komputer organik dengan memanfaatkan otak tikus. Komputer organik tersebut pun disebutnya dengan nama Brainet itu pun berhasil melakukan tugas selayaknya sebuah komputer biasa, bedanya komputer ini memanfaatkan otak tikus yang masih hidup.

brainet
Untuk membuat komputer organik tersebut, Nicolelis memanfaatkan empat ekor tikus besar. Nicolelis pun menghubungkan otak dari empat ekor tikus tersebut dengan menggunakan elektroda mikroskopik. Dengan metode ini, setiap ekor tikus pun berhasil memperoleh informasi secara real time dari tikus lain.

Komputer organik Brainet ini pun diklaim mempunyai kemampuan untuk melakukan prediksi dengan akurasi mencapai 41 persen. Nicolelis mengungkapkan kalau tujuan akhir dari penelitian ini adalah untuk membuat perangkat bagi para penderita kecacatan pada otak. Terlebih brainet ini juga bisa melakukan berbagai hal seperti pemrosesan gambar, penyimpanan data serta mengingat sebuah informasi.

Tak hanya pada tikus, Nicolelis juga melakukan penelitian serupa dengan memanfaatkan dua ekor monyet. Dan seperti halnya Brainet dengan otak tikus, penelitian ini juga memanfaatkan otak monyet yang masih bisa beraktivitas secara normal.

 

Sumber : Berita Teknologi