PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Nokia Ternyata Pernah Diperas Jutaan Euro

Rabu, 18 Juni 2014

Nokia, salah satu perusahaan mobile terkenal yang belum lama ini diakuisisi Microsoft, ternyata pernah diperas oleh para kriminal yang mengancam akan membuka kode sumber dari sistem operasi yang dipakainya sekitar 6 tahun yang lalu. Informasi ini diungkap oleh stasiun televisi MTV News dari Finlandia beberapa waktu yang lalu.

Pemeras meminta tebusan beberapa juta euro agar kode sumber dari sistem operasi Symbian yang dikembangkan Nokia tidak diungkap ke publik. Salah satu yang dikhawatirkan bocor adalah kunci enkripsi yang bisa membuka peluang malware dan serangan ke sistem operasi tersebut oleh programmer yang tidak bertanggung jawab.

Pihak kepolisian Finlandia mengakui adanya laporan tersebut dan kasus tersebut sampai saat ini masih belum tuntas. Pihak Nokia sendiri tidak memberikan komentar atas kabar tersebut. Dikabarkan bahwa setelah Nokia membayar tebusan, pihak pemeras berhasil membawa kabur uang tebusan tanpa memberikan kode kunci yang dimaksud. Pihak polisi juga kehilangan jejak dari para pemeras tersebut sampai saat ini.

Di tahun 2007, pangsa Symbian di dunia smartphone sekitar 50%. Saat ini Symbian telah diserahkan ke komunitas open source, sementara Nokia memilih beralih ke OS Windows Phone sebeulum akhirnya unit bisnis mobile Nokia dibeli Microsoft dengan harga 7,6 miliar dolar.

via Reuters, Engadget

 

Sumber : Teknoup