PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Nikkei Rebound Akhiri Paceklik 3 Hari Berturut-turut

Jum’at, 3 Oktober 2014

Pada perdagangan di bursa saham Jepang hari Jumat pagi ini terjadi rebound yang cukup signifikan (3/10). Bursa saham Jepang dibuka menguat mengakhiri pacekliknya selama tiga hari belakangan. Pada penutupan perdagangan hari Kamis kemarin bursa saham Jepang ditutup pada posisi paling rendah dalam satu bulan belakangan.

Hari ini perdagangan di Asia cenderung mengalami pergerakan yang mixed. Para pelaku pasar menantikan data NFP dari Amerika Serikat yang akan dirilis malam nanti. Pada perdagangan tadi malam data klaim pengangguran menunjukkan penurunan yang tak terduga untuk pekan lalu.

Akan tetapi sentimen negatif muncul setelah ECB mengecewakan investor dalam paparan kebijakan moneternya. Kemarin bank sentral Eropa tersebut memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan dan menyatakan akan mulai melakukan program pembelian sekuritas pada kuartal keempat tahun ini. Akan tetapi bank sentral tidak menjabarkan berapa besaran program pembelian tersebut.

Pada perdagangan Jumat pagi saham SoftBank mengalami kenaikan sebesar 0.7 persen setelah melakukan investasi sebesar 250 juta dollar untuk distributor film Legendaru Entertainment. Investasi ini akan memungkinkan softBank untuk menjual merchandise dan memproduksi produk televisi dan digital.

Saham produsen otomotif tampak mengalami penurunan pagi ini. Nissan Motor mengalami pelemahan 1 persen dan Honda Motor turun lebih dari 2 persen.

Hari ini indeks spot Nikkei tampak mengalami kenaikan meskipun tidak terlalu besar. Indeks Nikkei menguat 26.68 poin atau setara dengan 0.16 persen dan berada di level 15687.19 poin.

Indeks berjangka Nikkei pagi ini dibuka pada posisi 15610 poin. Indeks berjangka dibuka naik sebesar 120 poin dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Centre memperkirakan bahwa pergerakan indeks berjangka di bursa saham pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami kenaikan terbatas. Indeks berjangka berpotensi untuk mengalami pergerakan pada kisaran 15550 ? 15750 poin.

Sumber : Vibiznews

Ika Akbarwati/Senior Analyst Economic Research at Vibiz Research/VM/VBN
Editor: Jul Allens
Foto: Wikipedia