PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Nikkei Melesat Naik Nyaris 3% Senin Pagi

Senin, 20 Oktober 2014

Bursa saham Jepang pada perdagangan di awal minggu yang cerah ini tampak mengalami kenaikan yang cukup signifikan (20/10). Bursa saham di Asia menikmati dorongan positif setelah pada akhir perdagangan di Wall Street akhir pekan lalu terjadi peningkatan. Para investor Asia hari ini fokus pada perkembangan ekonomi Tiongkok.

Atensi pasar Asia pagi ini adalah Tiongkok. Para anggota Partai Komunis berkumpul untuk melangsungkan plenum keempat mereka. Regulasi-regulasi hasil plenum akan menjadi arahan yang dinantikan oleh para pelaku pasar. Pertemuan ini juga ditunggu untuk mengetahui apakah protes pro-demokrasi di Hong Kong akan menjadi salah satu agenda yang dibahas.

Hari ini indeks Nikkei rebound setelah akhir pekan lalu ditutup anjlok ke level terendah dalam lebih dari 4.5 bulan belakangan. Para investor yang dibuai sentiment positif mengabaikan kabar bahwa Menteri Perdagangan dan Industri mengundurkan diri akibat skandal pendanaan yang menimpanya. Ia menjadi menteri pertama yang mengundurkan diri dalam cabinet Shinzo Abe.

Harga saham Mitsubishi Heavy Industries mengalami kenaikan nyaris sebesar 4 persen setelah mengungkapkan produk terbarunya Mitsubishi Regional Jet akhir pekan lalu. Produk tersebut merupakan pesawat penumpang pertama yang dibuat di Jepang selama nyaris empat dekade belakangan.

Indeks spot Nikkei dibuka rebound setelah kemarin berakhir anjlok tajam dan ditutup pada level paling rendah dalam lebih dari 4.5 bulan belakangan. Hari ini indeks spot terpantau mengalami peningkatan luar biasa sebesar 397.79 poin atau 2.74 persen dan berada pada posisi 14930.30 poin.

Indeks berjangka Nikkei pagi ini dibuka pada posisi 14985 poin. Indeks berjangka dibuka naik tajam yaitu sebesar 215 poin dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan indeks berjangka di bursa saham pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami rebound terbatas. Indeks berjangka berpotensi untuk mengalami pergerakan pada kisaran 14880 ? 15100 poin.

Sumber : Vibiznews

Ika Akbarwati/Senior Analyst Economic Research at Vibiz Research/VM/VBN?
Editor: Jul Allens
Foto: Wikipedia