PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Nikkei Dibuka Menguat Signifikan Didukung Data Positif Pesanan Mesin Bulan Agustus

Kamis, 8 Oktober 2014

Pada perdagangan di bursa saham Jepang hari ini terjadi peningkatan yang cukup signifikan (9/10). Bursa saham Jepang mengalami rebound setelah pada akhir perdagangan Rabu kemarin ditutup anjlok sebesar lebih dari 1 persen.

Rilis data ekonomi Jepang pagi ini menunjukkan hasil yang prima. Pesanan mesin untuk bulan Agustus lalu mengalami lonjakan tajam sebesar 4.7 persen (m/m). Kenaikan tersebut jauh melampaui proyeksi kenaikan sebesar 0.9 persen.

Sentiment di pasar Asia pagi ini juga menguat. Indeks-indeks di Wall Street di akhir perdagangannya dini hari tadi ditutup naik tajam nyaris 2 persen. Investor bergembira setelah rilis catatan rapat Fed menunjukkan bahwa para petinggi masih bersikap dovish terhadap kebijakan moneter. Para analis berpendapat bahwa Fed tidak akan mengubah kebijakan pada pertemuan tanggal 28 ? 29 Oktober mendatang.

Hari ini saham Fast Retailing tampak mengalami kenaikan sebesar 0.7 persen jelang rilis laporan keuangannya. Saham operator restoran Skylark mengalami lonjakan sebesar 1 persen pada perdagangan debutnya di bursa Tokyo pagi ini.

Hari ini indeks spot Nikkei tampak mengalami kenaikan signifikan. Indeks Nikkei menguat sebesar 130.69 poin atau setara dengan 0.84 persen dan berada di level 15724.28 poin.

Indeks berjangka Nikkei pagi ini dibuka pada posisi 15690 poin. Indeks berjangka dibuka naik signifikan sebesar 130 poin dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan indeks berjangka di bursa saham pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami peningkatan lanjutan di tengah kuatnya sentimen positif pada perdagangan di Asia. Indeks berjangka berpotensi untuk mengalami pergerakan pada kisaran 15550 ? 15780 poin.

Sumber : Vibiznews

Ika Akbarwati/Senior Analyst Economic Research at Vibiz Research/VM/VBN
Editor: Jul Allens
Foto: Wikipedia