PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Sejarah Jeep, Mobil Andalan Militer yang Kini Jadi Primadona

 

PT. Rifan Financido Berjangka, Tepat 15 Juli lalu Jeep merayakan ulang tahun ke-75. Merek legendaris Amerika Serikat (AS) ini pertama kali lahir sebagai Willys-Overland Motor yang ditugasi membangun MB Willys.

Ikon mobil tempur era Perang Dunia II ini menampilkan edisi spesial yaitu Wrangler 75th Salute sebagai versi modern Willys MB. Edisi ini mengambil basis Wrangler Sport dengan mesin V6 3,6 liter dengan kelir hijau dan velg kaleng.

Awal mula istilah Jeep berasal dari penyebutan akronim GP dengan kepanjangan general purpose. Nama GP aslinya bukan permintaan angkatan darat AS, melainkan Light Reconnaissance And Command Car (LRACC). Mobil ini disebut juga sebagai L-Rack.

Dilansir Forbes, prototipe Jeep pertama kali dikembangkan oleh American Bantam Car Company of Butler dan diuji coba oleh AD di Camp Holabird, Baltimore pada 23 September 1940.

AD sebelumnya memesan kendaraan tempur ringan pengganti Ford Model T pada Juli 1940. Mobil ini diharuskan memiliki spesifikasi daya angkut 272 kilogram, ground?clearance kurang dari 914 milimeter, bobotnya 590 kilogram dengan sistem penggerak empat roda.

Spesifikasi lainnya yaitu punya tiga kursi dan kaca depan bisa dilipat. Spicer Manufacturing, yang kini dikenal sebagai Dana Corporation yang mengembangkan cikal bakal Jeep modern yang disukai kalangan sipil maupun mliter untuk American Bantam. Ford?kalah tender meskipun telah menawarkan?Ford Pilot Model GP.

Desain GP juga mengalami evolusi mulai dari prototipe hingga versi produksi. Pada awalnya di 1940, kisi-kisi grill mobil tersebut berjumlah 13 bilah, berganti jadi sembilan bilah pada konsep produksi perdana 1941 hingga akhirnya berganti menjadi tujuh bilah pada 1945 sampai saat ini.

Jeep

Adapun Willys Overland baru menjual GP alias Jeep pada 1944 sebagai CJ atau Civilian Jeep. Willys Overland menambahkan lampu belakang dan melucuti segala perlengkapan militer. Perusahaan ini kemudian dijual ke Kaiser Motor pada 1953 dan memperpendek namanya sebagai ‘Willys’, berganti nama lagi sebagai Willys-Jeep dan akhirnya hanya ‘Jeep’.

Merek ini kembali dijual pada 1970 ke American Motor Co di mana perusahaan ini kemudian menjalin kemitraan dengan Renault pada 1980. AMC juga tidak bisa bertahan lama karena diakuisisi oleh Chrysler.

Cikal bakal GP atau Jeep garapan Ford pada 1940 hanya terdapat dua unit yang tersisa hingga saat ini. Ford Pilot Model GP No. 1 dengan sebutan Pygmy dipajang di U.S. Veterans Memorial Museum, Huntsville, Alabama. PT. Rifan Financindo Berjangka.

 

 

Sumber : Liputan 6