Naik karena Pasar Masih Sedikit “Nervous”

Rifan Financindo

Rifan Financindo – Harga emas naik pada awal perdagangan sesi AS hari Selasa. Meskipun sudah berkurang masih ada permintaan safe-haven pada hari Selasa setelah aksi jual yang tajam di pasar saham global pada hari Senin sehingga menarik pembeli emas. Ditambah lagi dengan melemahnya dollar AS dengan meredanya ketakutan terhadap kekacauan keuangan yang menimpa Evergrande, raksasa konstruksi Cina.

Emas berjangka kontrak bulan Oktober naik $13.80 ke $1,777.10 per troy ons. Sementara perak Comex bulan Desember naik $0.376 ke $22.58 per ons.

Pasar saham global kebanyakan naik dalam perdagangan semalam, sementara indeks saham AS mengarah naik dengan solid ketika perdagangan sesi New York dimulai sebagai koreksi naik setelah kerugian yang kuat yang terjadi pada hari Senin.

Cerita utama di pasar tetaplah Evergrande, perusahaan real estate kedua terbesar di Cina. Perkataan-perkataan yang menenangkan dari bank-bank komersial lainnya yang mengatakan bahwa kasus Evergrande tidak akan menjadi “Lehman moment” berada dibalik membaiknya sentimen di pasar yang membuat melemahnya permintaan terhadap dollar AS. Namun hal ini bisa saja hanya berlangsung sebentar.

Raksasa konstruksi Cina berhutang $300 miliar dan sedang berjuang untuk bisa membayarnya. Selain itu, otoritas Cina enggan untuk memberikan dana talangan yang menunjukkan bahwa pemerintah Cina tidak tertarik di dalam menstimulir ekonomi, sesuatu yang memiliki implikasi terhadap pertumbuhan global. Ketidak pastian terhadap keputusan Beijing bisa membebani pasar lebih jauh.

Sementara itu pada hari Kamis dinihari, Federal Reserve AS diperkirakan secara luas akan menahah diri dari melakukan “tapering” terhadap skema pembelian obligasinya. Meskipun demikian, ketegangan meningkat menuju hari Kamis dinihari. Kepala the Fed Jerome Powell adalah penganut “dovish”, dan dia bisa mengirim dollar AS turun. Namun, ketidak pastian di pasar bisa membuat dollar AS memiliki ruang untuk naik.

“Support” terdekat menunggu di $1,756 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,750 dan kemudian $1,725. “Resistance” terdekat menunggu di $1,780 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,790 dan kemudian $1,800. Rifan Financindo.

Sumber : Vibiznews

Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.