PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Motorola Moto E vs Asus Zenfone 4

Selasa, 10 Juni 2014

Motorola Moto E vs Asus Zenfone 4

Motorola kemarin baru saja memperkenalkan secara resmi smartphone Android terbarunya yang bernama Moto E. Motorola Moto E ini ditujukan untuk kelas entry level dengan harga yang terjangkau. Saya jadi teringat dengan smartphone entry level dari Asus yakni Zenfone 4. Kedua menawarkan spesifikasi dan harga yang tidak jauh berbeda. Maka kali ini saya akan membandingkan spesifikasi keduanya Motorola Moto E dan Asus Zenfone 4, mana yang terbaik untuk anda pilih?

Yang pertama yang akan saya bandingkan adalah layar sentuh dari keduanya. Motorola Moto E menggunakan layar sentuh berukuran 4.3 inci yang memiliki resolusi sebesar 540 x 960 piksel dan kerapatan piksel sebesar 256ppi. Sementara Asus Zenfone 4 menggunakan layar sentuh berukuran 4 inci yang memiliki resolusi sebesar 480 x 800 piksel dan kerapatan piksel sebesar 233ppi. Kedua layar smartphone ini sama-sama dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 3.

Selanjutnya adalah masalah kinerjanya, keduanya menawarkan kinerja yang hampir sebanding. Asus Zenfone 4 menggunakan chipset Intel Atom Z2520 dengan dukungan prosesor dual core 1.2GHz dan GPU PowerVR SGX544MP2. Sementara Motorola Moto E menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 200 dengan dukungan prosesor dual core 1.2GHz dan GPU Adreno 302. Keduanya juga dilengkapi dengan RAM sebesar 1GB.

Kedua smartphone ini juga menawarkan kapasitas memori internal yang sama yakni sebesar 4GB dan keduanya sama-sama memiliki slot microSD. Namun Asus Zenfone 4 lebih baik karena mampu membaca microSD dengan kapasitas maksimum 64GB, sedangkan Motorola Moto E hanya mampu membaca microSD dengan kapasitas maksimum 32GB.

Selanjutnya adalah fitur kamera. Motorola Moto E dan Asus Zenfone 4 keduanya sama-sama dibekali dengan kamera belakang yang memiliki resolusi sebesar 5 megapiksel. Namun kamera Zenfone 4 lebih baik, karena memiliki kemampuan untuk merekam video Full HD 1080p, sementara kamera Moto E bahkan tidak mampu merekam video HD. Selain itu Asus Zenfone 4 juga dilengkapi dengan kamera depan yang tidak dimiliki oleh Moto E.

Dan yang terakhir adalah baterai. Salah satu kekurangan dari Asus Zenfone 4 adalah kapasitas baterainya yang kecil hanya 1.200mAh, sementara lawannya Motorola Moto E memiliki baterai dengan kapasitas 1.980mAh.

Asus Zenfone 4 dibanderol dengan harga Rp1 jutaan di Indonesia, sedangkan Motorola Moto E diperkirakan akan dibanderol dengan harga Rp1,3 – 1,5 jutaan.

Jadi jika menginginkan layar yang lebih besar dan baterai yang lebih tahan lama anda bisa memilih Motorola Moto E. Namun jika menginginkan smartphone dengan kinerja yang lebih baik, kamera yang lebih berkualitas dan harga yang lebih murah dapat memilih Asus Zenfone 4.

Sumber : Moblie88