PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Moto G, Kemampuannya Melebihi Harganya

Jum’at, 4 Juli 2014

Moto G, Kemampuannya Melebihi Harganya

 

BANYAK yang memperkirakan bahwa Motorola akan tenggelam, apalagi setelah lama tidak terdengar. Bahkan produsen smartphone asal Ameriaka Serikat itu tidak meyakinkan akan membuat smartphone yang mampu bersaing dengan merek-merek ternama lainnya di jagat gadget.

Tetapi kini, banyak yang tidak menyangka Motorola ternyata masih hidup. Bahkan bukan saja hidup, setelah dibeli Google, banyak manuver-manuver yang dilancarkan Motorola untuk bisa bernafas lagi.

Moto X menjadi awal kebangkitan Motorola dan baru-baru ini meluncur seri terbarunya bernama Moto G yang sempat menyedot perhatian. Namun tidak lengkap bicara produk baru, tetapi belum mengetahui performa kemampuan dari seri Motorola smartphone terbarunya ini. Okezone akan membeberkan kemampuan smartphone ini.

Performa
Moto G dari segi kemampuan kinerjanya, memiliki performa yang patut diperhitungkan. Saat Okezone melakukan ujicoba dengan alat pengukur AnTuTu Benchmark, hasilnya ponsel ini mendapat skors 17.022 mengalahkan Galaxy SIII yang hanya memiliki skors 16.000.

Prosesornya juga menggunakan Qualcomm MSM8226 Snapdragon 400 quad-core 1,2GHz Cortex A7, dengan berjalan pada Android 4.4.2 (KitKat), dan RAM 1GB. Selain itu, unit prosesor grafis menggunakan Andreno 305.

Dalam menentukan pilihan, konsumen dihadapkan pada pilihan dua model, yang didasarkan pada memori internal. Harga Rp1.950.000 akan mendapatkan besaran 8GB, sedankan bila ingn yang lebih besar yakni 16GB, konsumen harus lebih mengeluarkan kocek lebih dalam lagi yakni Rp2.250.000.

Bagi para penggila game, ponsel ini sudah dilengkapi GPU Adreno 305, diyakini mampu menghasilkan kinerja grafis terbaik kelas entry level.

Disayangkan, ponsel ini tidak memiliki kartu Micro SD (Eksternal), sehingga menyulitkan pengguna bila ingin menambah kapasitas. Selain itu, baterai yang ada menggunakan konsep smartphone unibody alias menempel di badan ponsel, tidak bisa dilepaskan dengan bebas.

Kemampuan ketahanan baterai hanya 2.070mAh, seharusnya dengan angka itu, tanpa digunakan bisa bertahan hingga tiga hari. Tetapi, saat Okezone mencobanya, ponsel tidak digunakan selama seharian baterai sudah drop. Sehingga harus di charger berkali-kali.

Desain
Bicara desain, ponsel ini tidak kalah hebatnya dengan ponsel-ponsel ternama lainnya. Dari segi penampilan, Moto G memiliki keunikan dalam desain, selain bagian belakangnya melengkung, bagian depan juga terlihat indah nan cantik.

Ponsel ini termasuk kategori smartphone ukuran kecil dengan layar 4,5 inci. Ringan dengan desain body berbalut plastik penuh. Sehingga ada kesan sangat bersahabat dengan tangan siapapun ketika menggenggamnya. Panel depan satu warna yaitu hitam dan panel belakangnya dengan varian warna-warni terang didukung layar anti gores corning gorilla glass 3.

Sedangkan pada kamera, ponsel ini memiliki kamera 5 MP bagian depan, dan bagian belakang 1,3 MP. Gambar yang dihasilkan dari jepretan Moyo G standar atau biasa saja, tidak memiliki keunggulan dan kelebihan dari smartphone lainnya, terkesan sama saja. Terdapat LED flash, geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR. Sedangkan kamera video, yang utama 720p HD.

Kesimpulan
Smartphone ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya. Bagi Anda yang ingin memiliki ponsel ini, bisa mempelajari terlebih dahulu apa kelebihan dan kekurangannya. Okezone melihat kelebihan smartphone ini yakni, memiliki desain cantik nan indah, warna pada layar juga cerah, memiliki dual sim (GSM-GSM). Dan dengan harga Rp1.950.000 dan Rp2.250.000, ponsel ini tergolong terjangkau bila melihat spesifikasi dan juga kemampuan kinerjanya.

Sedangkan kekurangannya, hasil foto yang dihasilkan standar atau biasa saja, tidak memiliki keunggulan dan kelebihan dari smartphone lainnya, terkesan sama saja. Belum lagi pada bagian baterai tidak bisa dilepas, sehingga menyulitkan pengguna untuk bongkar pasang. Satu hal lagi yang disayangkan dan menjadi kelemahan dari smartphone ini adalah tidak memiliki memori eksternal. Baterai juga cepat lowbat.
(amr)

 

Sumber : Techno Okezone