PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Modus Penipuan Baru, Meminta Forward SMS Berisi Kode Rahasia

Modus Penipuan Baru, Meminta Forward SMS Berisi Kode Rahasia

 

Rifanfinancindo – Modus penipuan baru kini telah viral di media sosial. Bukan lagi mama minta pulsa melainkan permintaan untuk forward sms berisi kode rahasia dari nomor shortcode tertentu.

Dalam kisah yang beredar di kalangan netizen, seorang wanita mengaku mendapatkan telepon dari seseorang yang tidak dikenal. Orang tersebut mengaku sebagai pihak yang seharusnya menerima SMS berisi kode rahasia dari nomor pendek (penyedia konten premium) tersebut. SMS berisi kode rahasia itu, yang seharusnya masuk ke nomor si penelepon, diklaim nyasar ke nomor handphone wanita tersebut.

Usut punya usut, SMS kode rahasia itu merupakan kode verifikasi atas sebuah transaksi yang dilakukan si penelepon. Jika SMS tersebut di forward maka si penelepon bisa melanjutkan transaksi dengan menggunakan pulsa telepon si wanita tersebut.

Dalam tulisan yang viral itu disebutkan jika modus tersebut digunakan oleh mereka yang berbelanja item game online atau barang apapun di dunia maya.

Pihak XL, yang namanya dikaitkan dalam kisah penipuan viral tersebut, mengaku sudah memberikan imbauan kepada pelanggan agar waspada terhadap segala modus penipuan yang terjadi. Mereka tidak memungkiri jika ada keluhan semacam itu dari pelanggan.

“Jika menerima SMS mencurigakan dari nomor tertentu yang berisi kode rahasia/transaksi pembayaran dan merasa tidak pernah melakukan transaksi tersebut, dimohon untuk mengabaikan SMS tersebut. Jika dihubungi seseorang untuk diminta mengirimkan atau menyebarkan kode verifikasi/kode rahasia yang diterima dari XL, dimohon untuk mengabaikan agar tidak terjadi penyalahgunaan akun,” demikian imbauan dari pihak XL, yang dilontarkan GM Corporate Communication XL, Tri Wahyuningsih, kepada Viva.co.id, Rabu, 31 Mei 2017.

Selanjutnya, Ayu mengatakan, jika pelanggan merasa ragu-ragu atas SMS mencurigakan dan atau permintaan seseorang untuk mengirimkan kode verifikasi/kode rahasia tersebut, dimohon untuk langsung menghubungi customer service XL untuk mengecek kebenaran atas informasi tersebut melalui akun twitter @myXLCare atau tlp 817 dari nomor XL

“Bagi yang mengalami modus penipuan tersebut, dimohon untuk bisa melaporkan langsung kepada pihak yang berwajib untuk penanganan lebih lanjut karena penipuan merupakan tindak pidana kriminal,” katanya. (one) Rifanfinancindo.

 

 

Sumber : Viva