PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Microsoft Mau Bikin Smartphone ‘Hidup’ 7 Hari

Rabu, 11 Juni 2014

http://images.detik.com/content/2014/06/11/317/windowsphone8

 

Jakarta – Semakin canggih smartphone biasanya tidak diiringi dengan daya tahan baterai yang bagus. Semacam problematika akut di antara pengguna smartphone dengan keinginan untuk mempunyai baterai yang besar.

Berbeda dengan feature phone yang hanya mempunyai dua fungsi dasar komunikasi — telepon dan SMS — smartphone tentu berbeda. Dengan beragam fitur tentu saja membuat baterai begitu cepat terkuras dalam waktu beberapa jam saja.

Nah, berangkat dari masalah tersebut, Microsoft mencoba membuat sesuatu penelitian untuk inovasi besar soal daya tahan baterai. Tidak tanggung-tanggung, mereka ingin menciptakan smartphone yang mampu bertahan hingga 7 hari!

Berbicara pada MIT Tech Review summit, Microsoft Research Ranveer Chandra mengatakan bahwa mereka mengeksplorasi gagasan untuk menciptakan sebuah smartphone dengan baterai bisa bertahan baik hingga 7 hari, tanpa perlu bantuan dari eksternal baterai seperti powerbank.

Salah satu cara mewujudkan ide itu, Microsoft akan menciptakan sebuah baterai yang berisi dua baterai li-ion dalam satu baterai. Sehingga, ketika satu baterai habis, akan ada cadangan baterai lainnya.

Cara lain yang dipercaya dapat membuat smartphone bertahan lebih lama adalah dengan memperpanjang baterai melalui optimasi perangkat lunak, yang mereka sebut E-Loupe.

Dikutip detikINET dari Ubergizmo, Rabu (11/6/2014), fitur E-Loupe ini akan mengindentifkasi aplikasi yang banyak memakan daya meskipun pengguna tidak menggunakannya. Nah, fitur itulah nantinya yang akan mengelola aplikasi yang tidak dipakai namun memakan banyak daya tahan.

Chandra mengatakan, Microsoft Research telah berhasil membangun beberapa prototipe di mana perangkat tersebut dapat meningkatkan daya tahan baterai antara 20-50%. Sehingga smartphone dengan daya tahan baterai 7 hari, mungkin masih bisa terwujud.

 

Sumber : Detik Inet