PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Menunggu Keputusan The Fed, Bursa Asia Menguat

(Foto: Reuters)

PT. Rifan Financindo Berjangka, Sydney – Saham-saham di kawasan Asia Pasifik (bursa Asia) menguat mengikuti penguatan yang terjadi di bursa Amerika Serikat(AS). Penguatan bursa Asia ini di saat menunggu keputusan kebijakan dari Bank Sentral AS (The Fed).

Mengutip Bloomberg, Kamis (17/9/2015), Indeks MSCI asia Pasifik meningkat 0,5 persen menjadi 129,12 pada pukul 09.02 waktu Tokyo, Jepang. Penguatan ini adalah penguatan di hari kedua pada pekan ini.

Indeks Topix Jepang naik 1 persen. Indeks Kospi Korea Selatan menguat 0,3 persen Indeks Australia S&P/ASX 200 naik 0,6 persen dan Indeks NZX 50 Selandia Baru juga menguat di level yang sama. Pasar Hong Kong dan China belum dibuka.

Di Australia, penguatan indeks acuan didorong oleg saham BHP Billiton Ltd. Peningkatan saham di sektor energi tersebut karena kenaikan harga minyak dan komoditas logam lainnya.

“Sebagian besar investor yakin bahwa The Fed akan menaikkan suku bunga acuan pada tahun ini. Pertanyaannya kapan itu akan dilakukan?” jelas Chief Market Strategist di CMC Markets, Sydney, Australia, Michael McCarthy.

Ia melanjutkan, semakin cepat The Fed melakukan penyesuaian suku bunga akan lebih baik. Sebenarnya ekonomi Amerika Serikat telah pulih namun karena pertumbuhan ekonomi global sedang tertekan maka The Fed ragu-ragu untuk menjalankan aksinya.

Pada perdagangan kemarin, Bursa Asia juga menguat. “Sebenarnya ketidakpastian akan terus berlanjut sampai pelaku pasar mendapat kepastian dari The Fed,” jelas analis Nikko Asset Management NZ Ltd, James Lindsay.

Menurutnya, masih ada tekanan-tekanan ke bursa Asia seperti penurunan perekonomian China. Namun rencana kenaikan suku bunga The Fed menjadi sedikit menjadi angin segar di lantai bursa.

“Debat mengenai The Fed terus berlanjut, tapi The Fed akan memberikan dampak lebih besar jika menunggu Desember dibanding dengan segera untuk memulai proses saat ini,” tutur Chief Market Strategist, Wunderlich Sekuritas, Art Hogan. (Gdn/Ndw)

 

 

Sumber : Liputan 6