PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Mengikuti Penguatan Global, Bursa Asia Menguat

(Foto: Reuters)

PT, Rifan Financindo Berjangka, Bursa Asia menguat mengikuti kenaikan yang dialami oleh bursa global. Sementara, dolar bertahan setelah data ekonomi AS menunjukkan melemah.

Mengutip Reuters, Kamis (16/4/2016), Indeks MSCI Asia Pasifik di luar Jepang naik 0,4 persen. Saham Korea Selatan dan Australia juga menguat. Sementara, Indeks Nikkei Jepang stabil.

Saham-saham di Amerika Serikat (Wall Street) membukukan keuntungan yang cukup besar pada penutupan perdagangan Rabu (Kamis pagi waktu Jakarta) setelah keluar beberapa laporan keuangan dari beberapa emiten yang membukukan hasil cukup baik.

Bursa saham di Eropa juga menguat ke level tertinggi setelah Bank Sentral Eropa menegaskan sikap mereka akan tetap melonggarkan kebijakan moneter.

Mata uang dolar Amerika Serikat kemarin diperdagangkan melemah terhadap euro dan yen setelah data mengenai pertumbuhan industri di Amerika menunjukkan pelemahan.

Euro naik 0,4 persen menjadi US$ 1,0732, menambah penguatan yang terjadi sehari sebelumnya. Dolar tergelincir sebesar 0,2 persen terhadap Yen Jepang menjadi 118,95 per dolar AS.

Untuk perdagangan hari ini, pelaku pasar akan melihat data perumahan AS yang diharapkan bisa mendorong penguatan dolar AS.

“Ada beberapa data yang membuat pelaku pasar melihat bahwa sedang terjadi perlambatan pertumbuhan ekonomi Amerika sehingga mendorong penguatan di bursa,” jelas analis Monex Securities, Tokyo, Jepang, Masafumi Yamamoto.

Kemarin, Indeks Nikkei 225 Jepang juga mengalami penurunan 0,3 persen karena nilai tukar yen diperdagangkan sedikit berubah pada level 119,55 per dolar AS. Sebelumnya, nilai tukar yen naik 0,9 persen. (Gdn)

 

 

Sumber : Liputan 6