PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Mengenal DHA dan Perkembangan Otak Si Kecil

 

PT. Rifan Financindo Berjangka, Anak-anak membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk menunjang tumbuh kembangnya. Salah satunya adalah DHA untuk kecerdasan dan perkembangan otak. Agar lebih memahaminya, ikuti penjelasannya berikut ini ya.

Pengertian DHA
DHA atau Docosahexaenoic Acid merupakan satu dari 3 jenis asam lemak omega-3 yang penting bagi tubuh. DHA sendiri memainkan peran kunci dalam perkembangan jaringan saraf, terutama untuk daya penglihatan dan perkembangan otak. Hal ini dinyatakan dalam penelitian yang dilakukan oleh Ana Abad-Jorge, MS, RD, CNSC yang dipublikasikan dalam Today?s Dietitian pada Oktober 2008.

Rekomendasi DHA untuk Anak-Anak
DHA sangat dibutuhkan untuk menjaga fungsi otak dan pertumbuhan tubuh secara keseluruhan. Menurut Dr William Sears, MD, dalam bukunya The Book NDD, menyatakan kekurangan asam lemak omega-3 merupakan masalah gizi nomor satu yang terjadi pada anak-anak. Dosis harian omega-3 yang direkomendasikan tergantung pada usia dan kondisi kesehatannya.

Untuk bayi, dosis yang dianjurkan minimal 300 mg per hari, anak-anak berusia 2-3 tahun setidaknya mengambil 400 mg per hari, sedangkan bagi yang berusia lebih dari 4 tahun membutuhkan 600 mg omega-3 per hari. DHA bisa didapatkan dari ikan tinggi asam lemak tak jenuh, seperti tuna dan salmon, kacang-kacangan serta flaxseed.

DHA untuk Perkembangan Otak
Menurut Dr William, DHA dipandang sebagai ?makanan otak?, karena merupakan komponen utama pembentuk? jaringan otak. Kekurangan DHA dalam makanan bisa diterjemahkan sebagai berkurangnya kinerja dan fungsi otak. Bahkan, penelitian menemukan, DHA memiliki pengaruh penting pada sistem saraf dan membantu sel-sel otak berhubungan lebih baik satu sama lain.

Untuk mencukupi kebutuhan hariannya, berikan sajian seimbang dari buah hingga lauk yang cukup mengandung Omega-3 dan Vitamin serta Kalsiumnya. Namun ketika merasa sulit mencapai jumlah harian yang disarankan untuk si kecil lewat makanan, cukupi dengan satu sendok atau takaran 15ml Scott’s Emulsion Original sebagai pilihan yang mudah dan terjangkau setiap hari.

Semoga pengetahuan ini memberikan informasi yang penting dalam memenuhi kebutuhan DHA, sehingga perkembangan otak dan pertumbuhan tubuh si kecil dapat dicapai dengan maksimal.

 

 

Sumber : Vemale