PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan, Penting! Kamu Harus Tahu

 

PT. Rifan Financindo Berjangka, Puasa Ramadan tidak hanya wajib dilakukan karena perintah agama. Ternyata puasa juga memiliki manfaat kesehatan. Hal ini seperti yang dijelaskan oleh dr. Jezzy bahwa puasa baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Manfaat puasa sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Hal ini karena puasa dikaitkan dengan proses detoksifikasi atau pengeluaran zat racun dari dalam tubuh. Terlebih apabila berpuasa di bulan Ramadhan yang dilakukan selama 1 bulan penuh yang dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Berikut manfaat puasa bagi kesehatan tubuh.

  • Meningkatkan kemampuan otak

    Dengan berpuasa, maka tubuh akan memproduksi hormon neurotropik? lebih banyak. Dengan begitu, maka sel-sel otak akan lebih banyak diproduksi sehingga kinerja otak semakin baik.. Demikian juga, penurunan yang berbeda dalam jumlah hormon kortisol, yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal, berarti bahwa tingkat stres sangat berkurang baik selama dan setelah Ramadhan.

  • Membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

    Puasa merupakan salah satu metode non-obat untuk mengurangi tekanan darah. Ini membantu untuk mengurangi risiko aterosklerosis. Aterosklerosis menyumbat arteri oleh partikel lemak. Selama puasa glukosa dan lemak yang digunakan untuk menghasilkan energi. Tingkat metabolisme berkurang selama puasa. Hormon ketakutan-penerbangan seperti adrenalin dan noradrenalin juga berkurang. Hal ini membuat metabolisme stabil. Manfaatnya adalah penurunan tekanan darah.

  • Mengurangi kadar gula darah dan kolesterol

    Saat berpuasa, tubuh akan meningkatkan pemecahan glukosa agar tubuh dapat memperoleh energi yang dibutuhkan. Selain itu, ketika cadangan glukosa sudah mulai menipis, maka tubuh akan memecah lemak untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan.

  • Mengurangi kebiasaan buruk

    Kebiasaan buruk seperti merokok dan makanan manis tidak boleh terlibat selama puasa, dan ketika Anda menjauhkan diri dari hal buruk itu, maka? tubuh Anda secara bertahap akan membiasakan diri dengan ketidakhadiran mereka, sampai kecanduan Anda hilang? untuk selamanya.

  • Mengontrol berat badan

    Puasa juga dapat membantu menurunkan berat badan secara efektif. Sebab pola makan pada saat puasa akan menjadi lebih teratur dan terkontrol. Jadi kita akan terhindar dari makan berlebihan yang bisa memicu berat badan berlebih

  • Sistem pencernaan yang lebih sehat

    Proses pemecahan makanan juga menjadi lebih stabil dan pelepasan energi akan mengikuti pola yang seharusnya. Oleh karena itu, sistem pencernaan akan memperoleh waktu untuk merevitalisasi dan meningkatkan fungsinya. Setelah berpuasa sebulan lamanya, sistem pencernaan akan menjadi lebih efisien dan lebih sehat.

  • Mengeluarkan racun dalam tubuh

    Tubuh manusia terdapat banyak racun dari sisa metabolisme ataupun akibat dari penggunaan zat kimia pada produk tertentu. Puasa merupakan metode detoksifikasi alami yang mampu membersihkan racun dari dalam tubuh sehingga tubuh kita akan lebih sehat.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

    Selama berpuasa, tubuh akan meningkatkan produksi limfosit hingga 10 kali lipat. Hal ini akan sangat baik bagi tubuh sehingga dapat lebih kebal dari serangan virus dan terhindar dari berbagai penyakit.

Bagaimana jadi tidak malas untuk puasa lagi bukan? Selamat menjalankan ibadah puasa, Ladies.

Sumber: meetdoctor