PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Makanan Apa Yang Baik dan Yang Seharusnya Dihindari Penderita Diabetes

 

PT. Rifan Financindo Berjangka, Diabetes merupakan suatu penyakit yang disebabkan karena meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh. Meningkatnya kadar gula dalam tubuh ini umumnya diakibatkan karena konsumsi beberapa sumber makanan karbohidrat secara berlebihan. Makanan karbohidrat yang kita konsumsi memiliki kadar gula yang akan dilepas di dalam darah dan diolah menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, ketika gula ini dikonsumsi secara berlebihan, tubuh akan kesulitan mengolahnya, dan terjadilah peningkatan kadar gula darah dalam tubuh yang kita kenal dengan diabetes.

Nah, penderita diabetes sangat dianjurkan untuk menjaga pola makannya agar kadar gula darahnya terkontrol. Berikut adalah makanan sehat yang aman dikonsumsi bagi para penderita diabetes, bahkan diketahui dapat menormalkan kembali kadar gula darah dalam tubuh.

??? Bayam

Dilansir dari laman www.webmd.com, kandungan lutein pada bayam dapat menormalkan kembali kadar gula darah yang meningkat dalam tubuh. Selain itu, bayam juga kaya akan kandungan vitamin serta mineral lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

??? Minyak Zaitun

Kandungan lemak tak jenuh pada minyak zaitun bermanfaat menurunkan kadar lippoprotein pada tubuh yang menyebabkan obesitas serta lemak jahat yang kurang baik bagi tubuh. Kegemukan akibat penimbunan lemak jahat ditambah jarang berolah raga akan meningkatkan risiko terkena diabetes. Nah, dengan mengonsumsi minyak zaitun secara teratur, Anda akan dapat mengontrol jumlah lemak tak jenuh dalam tubuh yang secara otomatis akan membuat kadar diabetes Anda menurun.

??? Acai Berry

Senyawa antidoksidan pada blueberry dan beberapa jenis buah ?berry? sangat baik bagi tubuh. Semakin gelap warna kulit buah, semakin banyak kandungan zat antidioksidan yang bagus bagi kesehatan tubuh. Salah satu jenis tanaman berry yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah Acai Berry. Kandungan asam lemak omega 3 dan 6 pada Acai Berry dapat memperbaiki kerusakan sel akibat diabetes.

??? Bawang Putih

Kandungan protein, vitamin A, B-1 pada bawang putih berfungsi sangat baik bagi penderita diabetes karena dapat menormalkan kadar gula dalam darah. Dalam sebuah penelitian ditemukan fakta jika 100 gram bawang putih memiliki kandungan air sebanyak 60% dan juga menghasilkan 122 kalori. Senyawa alisin pada bawang putih yang mengeluarkan bau menyengat juga sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko diabetes.

??? Yoghurt tanpa Lemak

Yoghurt memberi manfaat secara signifikan untuk mengurangi risiko diabetes. Peneliti menunjukkan bahwa mengonsumsi yoghurt dapat mengurangi risiko diabetes sebesar 18%.

Selain mengonsumsi makanan-makanan ini, Anda yang menderita diabetes juga sebaiknya menghindari makanan sumber karbohidrat yang tinggi akan kadar gula seperti beras putih. Sebagai ganti dari beras putih ini, Anda bisa mengonsumsi oatmeal atau beras merah yang aman untuk para penderita diabetes.

Nah, itulah makanan yang sangat aman untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Selain aman dikonsumsi bagi mereka yang menderita diabetes, makanan-makanan ini juga akan baik jika dikonsumsi Anda yang sehat, karena bermanfaat untuk mencegah terjadinya diabetes pada Anda.

 

 

Sumber : Vemale