PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Lenovo A369i VS Smartfren Andromax G – Hp Android Murah Dibawah 1 Juta Kelas Dual Core

Jum’at, 20 Juni 2014

Lenovo A369i VS Smartfren Andromax G - Hp Android Murah Dibawah 1 Juta Kelas Dual Core

Smartphone Android makin popular dan merambah berbagai kalangan di Indonesia. Harga smartphone Android pun juga semakin turun dengan spesifikasi yang makin lengkap. Tentu saja hal ini menggembirakan para pengguna smartphone Android. Kini telah diluncurkan berbagai smartphone Android berprosesor dual core dengan harga terjangkau yaitu dibawah 1 juta-an. Dengan harga di bawah 1 juta sudah mendapatkan ponsel dengan prosesor dual core adalah hal yang paling didambakan peminat Android. Apakah Anda peminat hp Android murah dibawah 1 juta?

Dengan prosesor dual core, Anda sudah bisa bermain lebih banyak game dengan lebih lancer tanpa gejala lag. Selain itu juga dual core juga lebih dingin karena beban CPU dibagi dua dan bekerja simultan. Banyaknya pilihan produk smartphone Android dual core yang semakin murah membuat kami perlu membandingkan antara Lenovo A369i dengan Smartfren Andromax G dengan mengusung harga yang sama sekitar Rp 949.000,-.Berikut ini pembahasan antara dua hp Android murah dibawah 1 juta ini

Desain

Desain yang diusung kedua ponsel ini hampir sama. Dengan bentang layar yang berukuran 4 inchi ?dengan resolusi layar 800 x 480 pixel. Yang membedakan adalah jenis layar dari A369i masih menggunakan jenis TFT capacitive sedangkan Andromax G menggunakan jenis IPS LCD capacitive. Jadi Andromax G lebih unggul dalam hal layar. Ponsel Android A369i mempunyai bodi yang terbilang simple yang tidak memiliki banyak tombol navigasi seperti juga halnya dengan Andromax G yang memperlihatkan 3 tombol kapasitif sebagai tombol navigasi menu, home dan back.

Bodi perangkat Andromax G didominasi oleh bahan plastik mengkilap (glossy) dan semakin menawan dengan adanya list chrom sebagai pemanis. Secara desain ponsel ini memiliki desain dan build quality yang baik. Sementara itu A369i juga tidak kalah menarik dengan bodi yang terlihat slim dan sisi lekuk yang aerodinamis sehingga nyaman dipegang.

Fitur?fitur yang terdapat pada kedua ponsel ini bervariasi.Untuk Lenovo A369i? telah banyak mengusung beraneka fitur menarik yang sangat digemari oleh konsumen, diantaranya adalah GPS, Messaging,FM Radio, MP4/H.264/H.263 Player, MP3/WAV/eAAC+ Player serta masih banyak fitur yang menarik lainnya. Smartfren Andromax G juga bersaing dengan banyaknya fitur standar seperti fitur WiFi, Bluetooth, portUSB, A-GPS,Facebbok, Twitter, Path,WhatsApp, WeChat, LINE dan lain sebagainya.

Performa

Beralih ke sisi performa, seperti yang diketahui Lenovo A369i memang menyasar kalangan menengah ke bawah dengan budget terjangkau? namun sudah dapat menikmati fitur-fitur yang menarik. Di bagian dapur pacu utama,ponsel pintar ini dibekali dengan prosesor dual core yang konon memiliki kecepatan 1.3 GHz dari jenis MediaTek serta dukungan kombinasi RAM 512MB sebagai pemaksimal daya dobrak utama si ponsel. Tidak jauh berbeda dengan pesaingnya, Andromax G juga menggunakan prosesor dualcore dari jenis Snapdragon buatan qualcomm yang memiliki kecepatan 1.2GHz dan dukungan kombinasi RAM? 512MB.

Dari 2 ponsel dengan perbedaan jenis prosesornya tapi keduanya mempunyai kinerja yang hampir sama. Kedua perangkat prosesor yang dimiliki kedua ponsel ini memiliki kemampuan yang mumpuni dan sudah lebih cukup untuk pengguna dikelas pemula sehingga mampu mendukung aktivitas harian dan komunikasi penggunanya tanpa ada masalah yang berarti.

Mengulas tentang media penyimpanan yang diusung Lenovo A369i,dibekali dengan media penyimpanan internal sebesar 4 GB,namun sayangnya hanya memiliki RAM 512 MB,sehingga mungkin jalan dari smartphone ini akan terkesan lambat. Tetapi kelemahan dari A369 tertutupi adanya ekspansi slot microSD yang memiliki kapasitas hingga 32 GB. Perbandingan dengan Andromax G yang juga memiliki memori internal sebesar 4 GB dan didukung pula dengan slot microSD hingga 32 GB. Sedangkan untuk sistem operasi sama-sama menggunakan Jelly Bean. Jadi dari segi performa kedua ponsel ini sama-sama imbang.

Kamera

Lenovo A369i hanya dibekali dengan kamera utama yang memiliki resolusi lensa 2 MP tanpa dibekali dengan kamera kedua, itupun tanpa dukungan LED Flash yang dapat memaksimalkan lensa kamera. Meskipun demikian para pengguna tetap diberikan kemudahan dalam mengelola hasil jepretan dengan beragam modus panorama dan smile detection.

Berbeda dengan Lenovo A369i, pada smartphone Andromax G terdapat Dual Kamera. Kamera utama yang beresolusi 3.2 MP dengan fitur LED flash dan Geo-Tagging. Sedangkan bagian depan, terdapat kamera sekunder beresolusi 1.3 MP yang dapat digunakan untuk video call. Dari segi kamera, resolusi kamera smartphone Andromax G lebih besar yaitu 3.2 MP daripada resolusi kamera dari Lenovo A369i? sebesar 2 MP.

Walaupun demikian, hasil dari bidikan kamera smartphone Andromax G tidak ada yang istimewa foto yang dihasilkan memiliki cahaya yang berlebihan sehingga membuat warna terlihat sedikit kusam. Untuk keperluan mengabadikan peristiwa penting Anda, kamera Lenovo A369i sebesar 2 MP juga sudah cukup lumayan.

Konektivitas

HP Android Lenovo A369i ini mendukung konektivitas Dual-SIM dengan jaringan 2G untuk SIM 1 dan juga 3G untuk SIM 2. Dukungan HSDPA 7,2 Mbps dan HSUPA 5,76 Mbps, serta Wi-Fi dan Bluetooth 3.0. sehingga Anda dapat terhubung ke Internet di mana pun dan kapan pun. Selain itu untuk melakukan aktivitas transfer data dari perangkat ke PC atau laptop bisa menggunakan kabel data.

Sedangkan pada Andromax G dibekali fitur WiFi, Bluetooth, port USB, A-GPS serta konektivitas yang telah mendukung jaringan 3G EVDO Rev. A up to 3.1 Mbps, membuat?nyaman untuk kegiatan browsing, chatting ataupun berinteraksi di sosial media. Andromax G juga telah mendukung dual sim CDMA dan GSM, dimana satu sim hanya bisa untuk smartfren dan satu lagi untuk kartu GSM yang bebas diisi dengan kartu apa saja. Disediakan pula fitur wifi hotspot yang bisa digunakan oleh pengguna untuk mengakses internet di area wifi. Andromax G juga mendukung fitur tethering, sehingga dapat digunakan untuk berbagi koneksi internet dengan perangkat lain yang memiliki wifi. Untuk koneksi dengan PC, Andromax G juga sudah dilengkapi dengan port micro USB.

Kesimpulan

Kedua handphone lokal ini memang cukup mumpuni untuk kelas hp Android murah kelas lokal, namun kualitasnya pun tak bisa dianggap remeh. Bundling Smartfren dan fitur dual SIM card mungkin yang bisa menjadi titik berat dalam hal ini, apa Anda ingin GSM-GSM? Pilihlah Lenovo. Jika ingin GSM-CDMA Anda bisa memilih Andromax, ingat CDMA sudah dibundling oleh Smartfren. [IRW]

Sumber : Paseban