PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Ladies, Inilah 4 Cara Sederhana Mengurangi Stres Dalam Hidup Anda

 

PT. Rifan Financindo Berjangka, Pekerjaan yang terlalu berat, hubungan dengan pasangan yang tidak harmonis, keuangan yang mulai menipis dan masih banyak masalah lain bisa buat pikiran menjadi lelah, sebal bahkan berujung stres. Perlu Anda tahu, stres yang berlebih justru tidak baik untuk kesehatan. Beberapa study menyebutkan bahwa stres bisa memicu penyakit berbahaya bagi tubuh mulai penyakit jantung, kanker, stroke, penurunan kekebalan tubuh, radang dan masih banyak lagi.

Jika seseorang tidak bisa melawan stres yang sedang terjadi pada dirinya. Tentu hal ini sangat berbahaya. Dampak buruk stres bukan hanya terjadi pada kesehatan fisik saja, melainkan juga berdampak buruk bagi kesehatan mental. Lalu, bagaimana agar stres bisa berkurang dan pikiran tetap tenang serta bahagia?

Dilansir dari laman foodmatters.tv, inilah cara sederhana untuk mengusir stres dan menjadikan pikiran lebih fresh serta bahagia.

 

Pola Makan

Kunci utama pikiran segar adalah asupan gizi yang segar pula. Usahakan untuk tidak melewatkan konsumsi sayur maupun buah setiap harinya. Pastikan bahwa nutrisi lain seperti protein, lemak, karbohidrat dan sejenisnya juga terpenuhi. Cobalah untuk minum minimal dua liter air dalam sehari. Jangan pernah melewatkan sarapan agar konsentrasi pikiran selalu terjaga sepanjang hari.

Jika Anda tengah stres berat, cobalah sesekali mengkonsumsi makanan yang bisa membuat pikiran tenang misalnya coklat ataupun secangkir kopi susu hangat. Minum-minuman hangat bisa membuat pikiran rileks. Untuk minuman hangat yang sehat, Anda bisa minum teh, air jahe ataupun air jeruk hangat.

 

Dapatkan Tidur Lebih Awal

Kurang tidur adalah salah satu pemicu stres berat yang juga menimbulkan insomnia pada diri seseorang. Agar stres ini tidak bertambah parah, usahakan untuk mencoba tidur lebih awal dari biasanya. Atur dengan baik waktu tidur Anda.

Memiliki istirahat yang cukup dengan tidur lebih awal dan bangun lebih awal bisa bantu pikiran menjadi lebih fresh. Saat tidur, saraf-saraf yang ada di pikiran bisa kembali lentur dan mengurangi sedikit ketegangan karena stres. Namun ingat, saat mencoba untuk tidur hindari minum obat penenang atau obat tidur karena hal ini bisa memperburuk stres yang Anda derita.

 

Menjadi Pribadi Sabar

Jadilah pribadi yang sabar dan menerima semua keadaan buruk yang menimpa diri Anda. Terima dengan ikhlas apa saja yang ada di sekitar Anda dan jadilah seseorang yang memiliki penerimaan penuh. Yakinlah bahwa masalah yang sedang Anda hadapi adalah suatu ujian sementara yang akan membuat Anda bahagia olehnya.

Berhentilah menjadi seorang pengeluh dan belajarlah untuk mencintai diri sendiri semaksimal mungkin. Salah satu penyebab stres adalah karena seseorang terlalu berpikir berat mengenai hal-hal yang sebenarnya tidak perlu dipikirkan terlalu berat. Saat Anda bisa menjadi seseorang yang rileks dan selalu berpikiran tenang, bisa dipastikan rasa stres akan sangat mudah diatasi. Agar pikiran rileks, Anda bisa melakukan yoga ataupun olahraga ringan misalnya lari pagi.

 

Bersyukur

Mulailah harian Anda dengan perasaan penuh syukur. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa rasa syukur memberikan efek terbaik bagi kondisi psikologis seseorang. Hampir sama dengan sikap penuh penerimaan, rasa syukur membantu seseorang menjadi lebih sabar dan lebih bahagia. Sadar atau tidak sadar, rasa syukur bisa membuat hati menjadi tenang dan damai. Dan hal inilah yang menciptakan pikiran selalu bahagia serta perasaan stres berkurang dengan mudah dan cepat.

Selain 4 hal di atas, Anda perlu minimal satu bulan sekali melakukan tamasya untuk menghilangkan penat dan lelah karena stres. Menangislah sepuasnya ketika merasa sedih karena hal ini juga bisa bantu pikiran lebih lega.

Jangan sungkan untuk curhat dengan keluarga, sahabat ataupun teman dekat mengenai masalah yang Anda hadapi. Saran positif dari orang terdekat dipercaya sebagai obat mujarab bagi orang-orang yang sedang dilanda stress. Semoga cara sederhana ini bisa bantu Anda semua melewatkan masa sulit dengan tenang dan tetap bahagia ya….

 

Sumber : Vemale