PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Korsel Punya Koneksi 3G/4G Paling Kenceng dan Paling Banyak. Bagaimana dengan Indonesia?

internet cepat
PT. Rifan Financindo Berjangka, OpenSignal baru saja merilis data terkait koneksi internet mobile dari 95 negara di dunia. Data ini mencakup berbagai hal. Termasuk di antaranya adalah cakupan serta kecepatan internet 3G/4G di masing-masing negara. Tidak mengejutkan, Korea Selatan menempati posisi pertama baik untuk kategori cakupan area 3G/4G ataupun kecepatan internet 3G/4G. internet cepat.
Dalam data itu, diperlihatkan kalau Korea Selatan telah mempunyai jaringan internet 3G/4G di 98,54 persen wilayahnya. Dan jaringan internet yang dimiliki Korea Selatan pun tidak hanya luas. Tapi juga mempunyai kecepatan tinggi. Bayangkan saja, rata-rata kecepatan internet di Korea Selatan mencapai angka 41,34 Mbps.
Lalu bagaimana dengan kondisi jaringan internet di Indonesia? OpenSignal tentu saja juga memasukkan Indonesia dalam daftar tersebut. Namun sayangnya, pencapaian negara tercinta ini masih sangat jauh kalau dibandingkan dengan Korea Selatan. Bahkan dibanding negara tetangga saja, Singapura, kondisi jaringan internet Indonesia masih kalah jauh.
cover 3g 4g
Dalam data OpenSignal ini, Indonesia menempati posisi ke 56 dengan cakupan jaringan 3G/4G sebesar 82,23 persen. Posisi Indonesia satu strip lebih baik dibandingkan Vietnam dengan area coverage sebesar 82,17 persen. Menariknya, cakupan jaringan 3G/4G Indonesia ternyata tidak terpaut jauh lho dari Inggris Raya yang ada di posisi 51 dengan prosentase 84,20 persen.
Sementara untuk kategori kecepatan, Indonesia harus berpuas diri di posisi 68 dunia. Masyarakat Indonesia rata-rata menikmati internet dengan kecepatan sebesar 5,73 Mbps. Jauh tertinggal dengan Korea Selatan. Sementara negara dengan akses internet paling lambat dalam daftar milik OpenSignal adalah Afghanistan dengan rata-rata kecepatan 2,17 Mbps.
kecepatan ratarata
Dalam data yang sama, diungkapkan juga pola penggunaan WiFi oleh para pemilik perangkat elektronik di masing-masing negara. Tingkat penggunaan WiFi paling banyak ada di Belanda dengan prosentase pemakaian WiFi mencapai 70,05 persen. Sementara di Indonesia, prosentase waktu penggunaan WiFi hanya 27,83 persen.
Dalam studi ini, OpenSignal mendefinisikan jaringan 4G sebagai jaringan internet cepat LTE. Sementara itu untuk jaringan 3G yang termasuk di dalamnya adalah CDMA EV-DO atau UMTS/HSPA. Untuk melihat secara penuh studi yang dilakukan oleh OpenSignal ini, bisa dilihat pada laman resminya. PT. Rifan Financindo Berjangka.