PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Kompilasi Aplikasi Keren Karya Negeri Sendiri

Kompilasi Aplikasi Keren Karya Negeri Sendiri

PT. Rifan Financindo Berjangka, Pengguna smartphone di Indonesia, kian hari semakin menunjukan peningkatan yang cukup signifikan. Berdasarkan data yang dirilis pada tahun 2014, diperkirakan ada sekira 46 juta smartphone yang terjual di Indonesia.

Sedangkan, diprediksi oleh perusahaan jaringan telekomunikasi Cisco, pada 2017 pengguna ponsel pintar di Indonesia diprediksi akan meningkat menjadi 370 juta.

Tentunya melalui data tersebut, Indonesia merupakan ladang subur bagi para pegiat aplikasi mobile, baik di lokal maupun asing. Tetapi tampaknya, yang selama ini booming adalah aplikasi-aplikasi buatan global. Padahal sebenarnya karya-karya developer anak bangsa pun, tidak kalah hebat dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

Berikut dirangkum beberapa aplikasi karya anak-anak bangsa yang telah bertengger di beberapa toko aplikasi Android.

Go-jek

Go-jek membuat pengalaman ?abang ojek? Anda menjadi jauh lebih berbeda, baik saat harus pergi ke suatu tempat, mengantarkan barang, hingga membeli makanan yang Anda inginkan kapan saja.

Itu semua berkat dukungan aplikasi Go-Jek di Android, yang membuat pengalaman berkendara ojek menjadi dua kali lipat lebih nyaman, cepat, dan mudah diakses. Go-jek juga bukan hanya memberikan kebaikan bagi si pengunaan smartphone, tetapi bermanfaat besar bagi si pengemudi ojek yang terbantu tingkat perekonomiannya.

Babe

Aplikasi ini adalah software yang menyuguhkan konten berita di dalamnya. Namun aplikasi tersebut bukan menyajikan berita-berita sendiri, melainkan mengambilnya dari laman berita populer di Indonesia. Babe sendiri merupakan singkatan dari Baca Berita Indonesia. Aplikasi ini dapat diunduh di Play Store secara gratis.

Nebengers

Aplikasi Nebengers berawal dari sebuah komunitas Twitter dengan nama yang sama. Kini founder komunitas itu, Andreas Swasti dan Putri Sentanu, telah menciptakan aplikasinya agar lebih memudahkan penggunanya.

Didalamnya aplikasi tersebut, pengguna bisa mencari tebengan maupun memberikan tumpangan alias tebengan kepada orang lain.

Aplikasi ini juga dapat diunduh secara gratis di Play Store dan baru saja diperbarui pada 18 Juni 2015.

PicMix: Collage Photo Maker

Ada banyak sekali aplikasi foto dan kamera di luar sana, tapi tak banyak yang tahu kalau ada kreasi anak Indonesia yang jauh lebih hebat. Dengan fitur frame dan stiker yang kreatif, PicMix membuat pengalaman berbagi foto ke media sosial dan aplikasi chatting menjadi lebih menyenangkan. Kerennya lagi, ini Made in Indonesia.

Qlue: Jakarta Smart City

Dengan menggunakan foto dan lokasi, Qlue adalah aplikasi media sosial yang memberikan kemudahan bagi pengguna untuk melaporkan dan mendiskusikan masalah pada lingkungan sekitar mereka, seperti sanitasi, jalan rusak, dan lainnya.

Bekerja sama dengan pemerintah DKI Jakarta untuk mengembangkan program Jakarta Smart City, aplikasi ini membantu pemerintah dalam memonitor dan menyelesaikan masalah-masalah yang dilaporkan.

Qlue juga membantu pengguna menemukan bisnis di sekitar mereka. Pengguna pun bisa memberikan ulasan agar bisnis-bisnis tersebut bisa semakin berkembang.

Tuntunan Solat Lengkap

Aplikasi ini dibuat oleh developer bernama Bakekok. Seperti dapat diketahui dari judulnya, aplikasi ini berisi sekumpula tata cara solat yang terdiri dari kumpulan doa dan dzikir, tuntunan wudhu.

Adapula panduan solat lima waktu yang dilengkapi dengan bacaan berisi teks dan audio. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Play Store.

Tebak Gambar

Aplikasi ini merupakan software hiburan alias game, yang dapat menjadi teman untuk mengisi waktu luang. Dari deskripsinya di Play Store, prmainan tebak gambar adalah permainan asah otak ringan, kumpulan gambar disusun sedemikian rupa sehingga bisa menimbulkan sebuah kosakata baru yang diadaptasi dari istilah sehari-hari, ungkapan lucu, ataupun berupa isu dan peristiwa yang sedang terjadi.

Game ini dibuat oleh developer bernama tebak gambar dan telah tersedia di beberapa toko aplikasi yakni Apple App Store, Play Store dan Mobomarket.

Sumber : Okezone