PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Kolesterol Tinggi? Coba Konsumsi Makanan Ini!

Selasa, 21 Oktober 2014

Mendengar kata kolesterol tinggi, yang terlintas di benak Anda pasti penyakit yang membahayakan. Yup, kadar kolesterol jahat yang tinggi memang menyebabkan penyakit yang berbahaya. Karena itu, untuk menghindari kolesterol tinggi, Anda harus bisa menjaga pola makan dan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Untuk menurunkan dan menghindari kolesterol semakin tinggi, Anda perlu mengonsumsi beberapa makanan penurun kolesterol. Hal ini untuk menghindari risiko komplikasi seperti penyakit jantung koroner, penyempitan pembuluh darah serta stroke, dilansir dari MeetDoctor.com. Makanan tersebut, antara lain:

  • ??? Teh hijau

Teh hijau memiliki komponen kimiawi yang bisa mendorong aktivitas pembakaran sel lemak, termasuk kolesterol jahat. Jadi, mulailah mengganti kopi dengan teh hijau setiap pagi atau sore. Namun, jangan mengonsumsi teh setelah makan, supaya tidak mengacaukan penyerapan protein yang penting. Jadi, tunggulah kira-kira 2 jam sebelum atau sesudah makan.

  • ??? Omega-3

Omega-3 telah terbukti dapat menurunkan kosleterol secara signifikan. Selain itu, omega-3 mencegah pengentalan darah yang diakibatkan penumpukan kolesterol serta mengurangi risiko komplikasi akibat kolesterol. Anda bisa mendapatkan omega-3 pada ikan laut (tuna atau salmon) dan kacang-kacangan seperti almond.

  • ??? Lemon segar

Lemon mengandung senyawa yang dapat membantu menurunkan kolesterol seperti antioksidan serta senyawa kimiawi yang disebut limonoid. Anda bisa mengonsumsi dengan cara dibuat jus dengan sedikit gula rendah kalori. Atau, Anda juga bisa menggunakan sedikit taburan bubuk cabai untuk melancarkan metabolisme.

  • ??? Sumber serat

Makanan berserat seperti buah dan sayur bisa menurunkan kolesterol, melancarkan pencernaan, dan memberikan suplai nutrisi yang bisa mengurangi risiko stroke, hipertensi dan penyakit jantung koroner. Jika Anda ingin mengonsumsi buah atau sayur, pastikan Anda mengonsumsinya dalam keadaan segar.

  • ?? Kayu manis

Kayu manis juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Meski baik untuk menurunkan kolesterol, namun Anda tak perlu mengonsumsi kayu manis dalam jumlah terlalu banyak. Cukup 1/2 sendok teh bubuk kayu manis dan taburkan di atas roti gandum utuh panggang, bubur oat atau dicampur ke dalam smoothie.

Ladies, kolesterol tinggi tidak hanya terjadi pada usia tua saja lho. Anda yang masih berusia 20-30an juga bisa memiliki kadar kolesterol tinggi. Maka dari itu, yuk perbaiki pola makan Anda mulai dari sekarang!

 

Sumber : Vemale