PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Kenapa Luka Jari Teriris Kertas (Paper Cut) Perihnya Kebangetan?

 

PT. Rifan Financindo Berjangka, Ladies, pernah nggak jarimu terluka ketika membuka buku atau halaman-halaman kertas? Luka teriris kertas (paper cut) mungkin tipis, tapi perihnya duh kebangetan deh. Kenapa ya kira-kira luka di jari yang teriris kertas itu sangat perih?

Ternyata memang ada penjelasan ilmiahnya terkait soal ini. Seperti yang dilansir oleh sciencealert.com, penyebabnya tak lain adalah karena saraf yang kita miliki. Ujung jari kita ternyata memiliki reseptor nyeri yang lebih banyak dibandingkan di area tubuh yang lain.

Menurut ahli dermatologi, Hayley Goldbach dari University of California, Los Angeles seperti yang ia ungkapkan pada Jason G. Goldman di BBC, kita sering menggunakan ujung jari untuk melakukan hal-hal kecil. Sehingga tak heran kalau ujung jari punya banyak ujung saraf sebagai bentuk mekanisme alamiah.

Ujung-ujung saraf di ujung jari itu disebut nosiseptor (saraf aferen primer untuk menerima dan menyalurkan rangsangan nyeri). Nosiseptor lah yang kemudian mengirimkan rasa nyeri yang kita rasa (meliputi suhu panas, zat berbahaya, dan tekanan yang bisa melukai kulit) ke otak.

Luka teriris kertas ini biasanya tipis dan tak terlalu dalam. Sehingga mekanisme pertahanan tubuh alami (seperti penggumpalan darah dan keropeng) tak bisa diaktifkan. Jadi, ujung saraf yang terluka jadi terbuka begitu saja. Apalagi luka itu bisa terus tertarik dan menegang setiap kali kita menggunakan jari kita untuk beraktivitas, sehingga rasa perihnya pun makin parah.

Selain karena alasan yang berkaitan dengan ujung-ujung saraf, menurut video Instant Egghand dari Scientific American, para peneliti memiliki teori kalau ada elemen psikologis juga terkait dengan perihnya luka teriris kertas. Di pikiran kita, kertas merupakan objek yang sebenarnya tak berbahaya tapi begitu jari terluka karenanya, kita jadi merasakan luka ini seolah “tak masuk akal” sehingga rasa sakitnya jadi terasa akut.

Saat jari terluka karena teriris kertas, memang sebaiknya kita segera mengobatinya, Ladies. Agar lukanya cepat mengering dan sembuh lebih cepat. PT. Rifan Financindo Berjangka.

 

 

Sumber : Vemale