PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Kenaikan Saham HSBC Gagal Selamatkan Bursa Hong Kong dari Penurunan

Selasa, 5 Agustus 2014

Membaiknya perdagangan di bursa saham Amerika Serikat dan Eropa malam tadi gagal memberikan dorongan menguat pada perdagangan di bursa saham Hong Kong pagi hari ini (5/8). Tadi malam bursa saham global membaik menyusul adanya kabar bahwa pemerintah Portugal akan melakukan bailout terhadap Banco Espirito Santo.

Bursa saham Hong Kong terpukul mundur menyusul bursa saham ?Shanghai yang pagi ini melanjutkan penurunannya. Harga saham HSBC tampak melawan arus melemah dan membukukan kenaikan sebesar 1 persen di awal perdagangan Selasa pagi ini. Saham mengikuti kenaikannya pada perdagangan di London tadi malam meskipun kinerja keuangan di kuartal kedua tidak terlalu memuaskan.

Saham-saham lapis biru lain di bursa Hong Kong bergerak variatif. Cheung Kong bukukan kenaikan 0.50 hkd menjadi 144.10 hkd. CLP Holdings melemah 0.10 hkd menjadi 63.75 hkd. Hang Seng bank turun 1.60 hkd menjadi 129.90 hkd. Henderson Land Development mengalami peningkatan sebesar 0.10 hkd menjadi 48.90 hkd.

Hari ini indeks spot hang seng di bursa Hong Kong tampak mengalami penurunan pagi ini. Indeks spot tersebut mengalami pelemahan sebesar 58.35 poin atau 0.24 persen dan berada di level 24541.73 poin.

Indeks berjangka hang seng dibuka pada posisi 24587 poin pagi ini. Indeks berjangka mengalami penurunan sedikit saja yaitu sebesar 20 poin dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Saat ini indeks berjangka tersebut bergerak dengan kecenderungan melemah dan berada pada posisi 24542 poin.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan indeks benchmark pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami penurunan terbatas. Indeks komposit Shanghai ini berpotensi untuk bergerak pada kisaran 24450 ? 24700 poin.

Sumber : Vibiznews

Ika Akbarwati/Senior Analyst Economic Research at Vibiz Research/VM/VBN?
Editor: Jul Allens
Foto: Wikipedia