PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Jika yang Menjadi Batasan Adalah CC-nya, Maka Powernya Bisa Sangat Mematikan

Rabu, 16 Juli 2014

cc or power

Assalamu?alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Kelas motor dengan cc terbesar yang masih termasuk bukan barang mewah di Indonesia adalah motor dengan kubikasi 250 cc. Kebetulan tahun 2014 ini geliat motor sport sangat terasa, baik dari meningkatnya market-share, maupun dengan meningkatnya merek yang ikut bermain di dalamnya. Terlihat indikasi yang memiliki dua sisi baik dan buruk, yaitu meningkatnya performa dari mesin-mesin motor sport yang bersifat jor-joran. Hal ini terjadi baik di kelas 150 cc maupun 250cc. Nah jika pabrikan sudah membaca bahwa mindset calon pembeli adalah motor sport = motor kencang, maka kemungkinan besar pabrikan akan membangun motor sport yang lebih powerfull dari kompetitor.

Terlihat jelas, ketika ninja25o merajai pasar motor sport 250 cc, akan tetapi tidak berkutik di balap IRS, maka kawasaki mengeluarkan rr-mono. Tidak terima dengan peningkatan power rr-mono, honda mengupgrade power cbr250. Yamaha tertarik dengan masa depan pasar sport250, mengeluarkan r25 untuk melibas semua rivalnya. Mungkin kawasaki juga tidak terima dengan kekalahan spek dari r25, maka bisa jadi akan mengeluarkan 250cc 4 silinder. Sedangkan honda akan mengeluarkan sport 250 v-twin yang disinyalir akan bisa menghasilkan performa yang lebih powerfull. Hal ini terjadi karena..yang dibatasi adalah cc-nya, sehingga power yang bisa dibangkitkan akan semikn menggila.

Lain lubuk lain ikannya, jika di eropa power sport 250 dibatasi 30-an dk, maka persaingan akan ada pada harga, vitur yang dibutuhkan dan style. Tapi di Indonesia memang berbeda, yang dibatasi cc-nya, maka power dari motor2 baru akan semakin bertumbuh. Bagi speed lover tentunya ini akan sangat menggembirakan, dapat motor stock, sudah kenceng nggak perlu dimodif lagi. Tapi bagi penggiat safety riding, tentunya ini sangat menakutkan, bayangkan jika motor 250cc bertenaga besar, kemudian sudah merakyat dan banyak dipakai oleh remaja bahkan oleh abg alay yang belum punya sim, maka akan banyak menimbulkan resiko kecelakaan yang lebih parah dari sekarang.

Menurut bro semua, enakan yang mana motor mewah dibatasi dari cc-nya atau dari powernya ?

Semoga bermanfaat, wassalamu?alaikum wR wB.

 

Sumber : Moto Gokil