PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Jepang Tunda Kenaikan Pajak Penjualan, Bursa Asia Menguat

 

PT. Rifan Financidno Berjangka, Jakarta Bursa saham Asia menguat pagi ini, dengan indeks saham acuan menuju kenaikan mingguan pertama dalam 5 pekan terakhir. Investor menunggu komentar dari Kepala Federal Reserve.

Saham Jepang naik di tengah spekulasi negara tersebut bakal menunda pemberlakuan kenaikan pajak penjualan.

MSCI Asia Pasific naik 0,3 persen ke level 127,76 pada pukul 09.08 waktu Tokyo. Indeks ini turun 2,6 persen bulan ini, di tengah kekhawatiran investor atas rencana The Fed menaikkan suku bunga pada awal bulan depan. Di samping itu juga diimbangi peningkatan tanda-tanda kekuatan ekonomi terbesar dunia.

Gubernur The Fed Janet Yellen berbicara setelah pasar Asia ditutup pada even di Massachusetts.

“Kita masih hati-hati,” ujar Mark Lister, Kepala Riset Kekayaan Pribadi di Craigs Investment Partners di Wellington, dilansir dari Bloomberg, Jumat (27/5/2016).

“Yellen kemungkinan akan melanjutkan retorika peningkatan suku bunga dan itu rencana mereka,” imbuhnya.

Ekuitas Asia menuju peningkatan 1,7 persen minggu ini setelah turun 6,4 persen dari April selama minggu lalu. Japan Topix naik 0,4 persen menyusul laporan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe memutuskan untuk menunda pemberlakuan pajak penjualan.

Indeks saham Australia S&P/ASX 200 naik 0,4 persen, kemudian Indeks New Zealand S&P/NZX 50 juga meraup untung 0,3 persen sementara Indeks Korea Selatan, Kospi naik 0,3 persen.

 

 

Sumber : Liputan 6