PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Jangan Sampai Nyeri Haid Melumpuhkan Harimu, Konsumsi Makanan Ini

 

PT. Rifan Financindo Berjangka, Rasa sakit dan nyeri umum dialami wanita saat mengalami haid. Nyeri haid ini terjadi umumnya, di hari-hari pertama. Beberapa wanita merasakan nyeri tak tertahankan yang mengakibatkan mereka kesulitan bergerak dan melakukan aktivitas, sementara sebagian lagi hanya mengalami sakit ringan namun tetap cukup mengganggu.

Sakit saat haid, atau dikenal dengan istilah medis dysmenorrhea, ini biasanya banyak dialami remaja wanita dan wanita muda. Selain nyeri, beberapa wanita juga tak jarang mengalami kram perut saat datangnya haid. Karena rasa sakit inilah, tak sedikit dari mereka yang terpaksa izin untuk tidak masuk kuliah ataupun kantor karena rasa sakit yang tak tertahankan.

Nyeri, kram atau sakit akibat menstruasi, sebenarnya bisa diredakan dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan. Memang, tidak akan langsung menghilangkan sakit, namun setidaknya akan membantu para wanita merasa lebih nyaman di tengah-tengah periode haid nya.

Pakar diet dan nutrisi klinis Pooja Makhija, seperti dikutip dari laman timesofindia.com, menyarankan para wanita yang kerap mengalami nyeri saat haid untuk mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, lebih direkomendasikan jenis yang sederhana karena mudah dicerna dan efeknya lebih cepat. Karbohidrat bisa didapatkan dari roti tawar, nasi, atau kentang. Jangan lupakan juga protein.

“Protein dari sumber berkualitas baik membantu meredakan sakit saat haid yang dikarenakan meluruhnya dinding rahim,” ujar Pooja.

Selain karbohidrat, sejumlah pakar nutrisi juga menyarankan untuk konsumsi banyak buah-buahan, susu dan sayuran berwarna hijau saat mengalami nyeri haid. Hal ini dikarenakan, bahan-bahan makanan tersebut bermanfaat untuk melancarkan keluarnya darah saat menstruasi datang. Selain itu, konsumsi juga makanan-makanan sumber vitamin D3 seperti keju, kuning telur dan ikan-ikanan.

Nah, itulah beberapa cara untuk meredakan nyeri haid secara alami melalui konsumsi beberapa jenis makanan. Meredakan nyeri haid secara alami dengan makanan akan lebih baik ketimbang Anda mengonsumsi obat-obatan pereda rasa sakit. Nyeri haid reda, nutrisi pun tercukupi dan tubuh Anda pun menjadi lebih sehat. Semoga bermanfaat.

 

 

Sumber : Vemale