PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Jaga Selalu Kebersihan Dapur, Jika Tak Ingin 5 Tempat Ini Jadi Sarang Kuman

PT. Rifan Financindo Berjangka, Dapur merupakan salah satu ruangan di rumah yang pastinya selalu digunakan setiap hari. Namun tahukah kamu, ketika dapur digunakan setiap hari, ada banyak makanan yang terdapat di dapur sedangkan kebersihannya tak terjaga, dapur bisa menjadi tempat yang menyeramkan dan bisa menjadi sarang kuman, bakteri maupun berbagai virus.

Dikutip dari berbagai sumber dan juga dailyhelathpost.com, ternyata ada beberapa tempat yang sering kali menjadi sarang kuman. Bahkan, ketika tempat-tempat ini terlihat bersih dan tak tampak ada kuman di sana. Lantas, apa saja tempat-tempat yang biasa menjadi sarang kuman tersebut? Berikut ulasannya.

  • Tempat Sampah

    Yap, kita semua tentu tahu bahwa tempat sampah adalah salah satu tempat yang disukai kuman maupun bakteri. Tempat sampah adalah tempat untuk membuang sisa makanan atau bungkus makanan. Jika tempat sampah tak dibersihkan secara teratur setiap hari, hal ini bisa membuat kuman serta bakteri tumbuh dan berkembang semakin baik.

  • Lemari Pendingin / Kulkas

    Beberapa study menyebutkan jika suhu rendah kulkas bisa menjauhkan makanan dari bakteri dan menjadikannya awet. Tapi tahukah kamu, bakteri dan kuman masih bisa tumbuh di dalam kulkas. Berbagai celah yang ada di dalam kulkas bisa menjadi tempat terbaik bagi kuman dan bakteri untuk berkembang. So, pastikan untuk membersihkan kulkas setidaknya 1 atau 2 minggu sekali.

  • Spons Pembersih

    Tidak banyak orang yang sadar jika spons menjadi tempat terbaik dan tempat paling disenangi kuman serta bakteri untuk berkembang. Karena kurangnya kesadaran ini, tidak banyak orang yang selalu berusaha menjaga kebersihan spons. Agar spons tak menjadi tempat terbaik berkembangnya kuman, usahakan untuk memisahkan mana spons untuk membersihkan makanan, mana spons untuk membersihkan peralatan dapur dan mana spons untuk membersihkan wastafel atau dinding dapur.

  • Spatula / Centong

    Kedua peralatan dapur ini adalah tempat yang sering kali membuat kuman serta bakteri berkembang. Gagang spatula / centong yang jarang dibersihkan akan menjadikan kuman dan bakteri semakin senang berada di sana. Jika sudah begitu, kuman tersebut bisa dengan mudah menyebar ke makanan di dapur kamu.

  • Talenan

    Talenan merupakan salah satu peralatan dapur yang wajib ada di dapur. Bisa dipastikan, hampir semua orang memiliki talenan di rumahnya. Dan talenan adalah salah satu tempat yang sering kali menyebabkan kuman berkembang dengan baik. Apalagi, jika talenan tersebut jarang dibersihkan. Jika kamu ingin dapatkan talenan sehat dan tidak menjadi tempat berkembangnya kuman, usahakan untuk memisahkan mana talenan untuk memotong sayur atau buah dan mana talenan untuk memotong daging.

Ladies, itulah beberapa tempat yang sering kali menjadi sarang kuman. Agar dapur kamu selalu bersih dan jauh dari kuman, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan segala peralatan dapur di rumah kamu ya.

Sumber : Vemale