PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Investasi Emas Bagi Pemula adalah Pilihan yang Tepat

Rifanfinancindo

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Investor pemula atau calon investor memerlukan setidaknya pengetahuan dasar tentang dunia perekonomian dan bidang investasi yang digeluti. Dengan maksud memperoleh keuntungan namun karena tidak mengetahui seluk beluk investasi, malah kerugian yang didapatkan. Hal ini banyak terjadi dikalangan masyarakat, khususnya bagi mereka yang kurang serius mempelajarinya. Sebagai pemula, perlu memilih jenis investasi mana yang memiliki risiko yang kecil dengan modal awal yang tidak terlalu besar juga,investasi emas salah satu contohnya.

Masyarakat di Indonesia bahkan di seluruh belahan dunia, memilih emas sebagai pelindung nilai mata uang. Emas dianggap paling aman dalam menghadapi kondisi perekonomian dunia, jika di pahami dengan baik tentunya.Sebagai pemula yang memiliki keberanian dan dasar pemahaman yang terbilang cukup jauh, agar memahami strategi dalam berinvestasi. Strategi tersebut untuk membantu menjalankan dan menentukan keuntungan dengan modal yang tidak terlalu besar. Beberapa strategi tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

 

Strategi jangka pendek

– Untuk masyarakat yang memiliki jumlah modal yang kecil, bisa memulai dengan membeli emas dengan cara cicilan di pegadaian terdekat dengan terlebih dahulu membayar uang muka kemudian menyicilnya sesuai waktu yang tertulis dalam perjanjian.

– Jika tidak ingin menyicil, bisa membeli emas minimal lima gram di toko-toko perhiasan yang bersertifikat PT. Antam atau bisa datang langsung ke perusahaan tersebut.

– Strategi lain dalam investasi emas adalah membeli emas ketika harga turun dan menjual kembali jika harganya sudah naik.

 

Strategi jangka panjang

– Memakai strategi beli-gadai. Jika mempunyai modal yang cukup, anda bisa membeli emas kemudian menggadainya di toko pegadaian. Keuntungan yang di dapat dari selisih beli dan gadai emas lebih menghasilkan dari pada membeli dan menyimpannya kemudian menjualnya jika ada keperluan. Namun yang perlu diperhatikan waktu-waktu saat harga emas mengalami penurunan sehingga dapat mencegah terjadinya risiko.

– Bagi calon investor yang mempunyai modal lebih, investasi emas dengan menggunakan strategi biasa yaitu beli di harga rendah jual di harga tinggi atau strategi lainnya yaitu beli di harga tinggi kemudian menggadainya di harga rendah. Melakukan strategi ini membutuhkan analisis yang jeli dengan melihat waktu yang tepat.Menggadainya di harga rendah dan membeli emas lagi. Untuk mengantisipasi kenaikan harga emas, anda bisa menggunakan strategi jangka panjang yang pertama.

Melakukan investasi emas sesuai dengan strategi diatas dapat meminimalisir risiko dan jika di analisis dengan baik dapat menghasilkan keuntungan yang berlipat.

Berinvestasi di emas atau yang lainnya diperlukan strategi yang matang, sehingga tidak kehilangan kendali dan dapat mencegah kepanikan. Strategi diatas untuk jangka panjang harus memperhitungkan biaya tambahan untuk penyimpanan emas dalam waktu tertentu seperti biaya jasa penitipan di pegadaian dan biaya safe box atau SDB di Bank. Investasi emas bisa dilakukan secara jangka pendek dan jangka panjang, namun untuk jangka panjang memiliki hasil keuntungan yang jauh lebih besar. Investasi jangka pendek biasa dilakukan bagi investor yang ingin mengambil dananya dalam waktu singkat jika ada kebutuhan mendesak sehingga keuntungannya pun cukup kecil.

Seperti yang diketahui, emas memiliki fluktuasi atau pergerakan lambat dan terjadi dalam waktu lama berbeda dengan mata uang atau forex yang memiliki pergerakan sangat cepat. Atas dasar alasan tersebut sehingga banyak yang menjadikan emas sebagai investasi jangka panjang. Sebagai pemula atau calon investor,memahami pergerakan emas dunia juga sangat penting agar dana yang di investasikan dapat memiliki hasil bukan malah sebaliknya mendapat kerugian. Merencanakan strategi yang matang merupakan langkah cermat bagi pelaku investasi emas.