PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Inilah Wujud Ponsel Android Seharga Rp 50 Ribu, Freedom 251

 

PT. Rifan Financindo Berjangka, Selama ini banyak pihak yang sudah cukup heran tentang bagaimana Xiaomi dan perusahaan asal Tiongkok lain yang mampu menawarkan produk smartphone dengan spesifikasi tinggi namun dengan harga yang sangat murah. Dan kini dunia internet dihebohkan lagi oleh sebuah sensasi baru tentang produsen asal India, Ringing Bells, yang mengumumkan produk smartphone 3G termurah di India (bahkan mungkin di dunia) yaitu Freedom 251 seharga Rp 50 ribu saja!

Menurut penelusuran Phone Radar, ponsel ini tampaknya merupakan produk lama yang dikemas ulang, yaitu Adcom Ikon 4 yang telah beredar di India seharga 4000 rupee atau setara Rp 700 ribuan. Layanan purna-jual dari Ringing Bells juga menyatakan bakal tergabung dengan Adcom, jadi besar kemungkinan kalau produk tersebut memang hasil kerjasama antara kedua pihak.

Yang menarik, Phone Radar menyampaikan sejumlah teori tentang bagaimana mungkin sebuah ponsel bisa dijual cuma seharga Rp 50 ribu.

Kecurigaan muncul karena perkiraan biaya produksi untuk sebuah display layar sentuh 4 inci mencapai $35 atau sekitar Rp 470 ribu, juga ketetapan dari Indian Cellular Association bahwa harga minimum dari sebuah smartphone 3G adalah seharga 2700 rupee atau sekitar Rp 500 ribuan.

Untuk mencapai harga Rp 50 ribu, ponsel tersebut kemungkinan besar telah mendapatkan subsidi besar-besaran dari pemerintah India sebagai wujud dari program ‘Make in India.’ Apalagi fakta bahwa acara peluncurannya sampai dihadiri oleh sejumlah menteri, maka besar kemungkinan bahwa proyek tersebut merupakan proyek dari pemerintah.

Untuk spesifikasinya, Adcom Ikon 4 memiliki spesifikasi yang sedikit lebih tinggi daripada Freedom 251, yaitu dari segi tingkat resolusi (qHD vs. WVGA), kamera (5MP & 1,3MP vs. 3,2MP vs. 0,3MP), serta kapasitas baterai (1500mAh vs. 1450mAh). Penurunan spesifikasi kemungkinan dilakukan guna menyesuaikan dengan jumlah subsidi yang tersedia.


Freedom 251 berdampingan dengan iPhone 6s Plus


image credit: @hiteshrajbhagat

Sumber : Gopego