PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Ini yang Bisa Dilihat Saat Gerhana Matahari Total

Ini yang Bisa Dilihat Saat Gerhana Matahari Total

 

PT. Rifan Financindo Berjangka, Fenomena gerhana matahari total (GMT) pada 9 Maret mendatang tentunya akan menarik perhatian banyak orang, namun tidak semua orang mengetahui apa saja yang akan terjadi pada peristiwa itu.

Seperti dikutip dari gerhana-indonesia.id, saat GMT terjadi beberapa fenomena yang dapat dinikmati oleh masyarakat, antara lain:

1. Baily?s beads

Fenomena ini merupakan fenomena yang akan tampak 10-15 detik sebelum dan sesudah totalitas. Saat bulan hendak menutup matahari, sebagian sinar matahari masih dapat melewati. masyarakat bumi dapat melihat fenomena manik-manik di tepi piringan Bulan.

2. Diamond Ring

Efek ini terjadi setelah penampakan fenomena manik-manik. Saat Bulan menutupi seluruh permukaan Matahari dan manik-manik Baily menghilang, akan ada satu lingkaran yang tersisa beberapa detik sebelum totalitas. Akibatnya, lingkaran korona dipadu dengan satu manik-manik Baily akan tampak seperti cincin berlian.

3. Efek Korona

Ketika sudah dalam proses sempurna atau bulan sudah menutup gerhana sepenuhnya, maka Anda dapat melihat korona matahari yang tidak dapat terlihat saat hari biasa. Jika beruntung, Anda dapat juga melihat prominensa (Ledakan Matahari).

(ahl)

 

 

Sumber : Okezone