PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Ini Beda Konsep Yamaha R25 dan MT25, Bukan Cuma Naked

PT. Rifan Financindo Berjangka, R25 dan MT25 bukan hanya berbeda secara bentuk, antara yang naked dan ber-fairing. PT Yamaha Indonesia Motor Manufaturing membeberkan bahwa masing-masing punya fungsi berbeda.

Dyonisius Beti, Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manufaturing, berujar, MT25 yang dijual Rp 46 juta sudah termasuk pajak untuk Jakarta ini memang berbeda secara tampilan, juga tarikan dan soal manuver.

“Secara konsep, ini memang berbeda dengan R25. Kalau R25 desainnya lebih dengan fairing dan racy gimmick, tetapi ini (MT25) dia top power, raja di jalanan. Kekencangannya, manuvernya, perbedaannya di situ,” kata Dyonisius Beti, Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manufaturing.

Karena itu pula, MT25 lebih disodorkan bagi pengguna harian yang menginginkan aspek balap, tetapi tidak sekental jika merasakannya pada R25. MT25 pun dianggap cukup beradaptasi dalam menghadapi kemacetan lalu lintas.

“Ini lebih untuk sehari-hari sehingga posisi ridingnya enggak terlalu racy. Di kemacetan dan sebagainya ini enak lah… Ini merupakan top class di Indonesia untuk saat ini. Ini merupakan top class untuk kelas street bike ya,” ujarnya.

Seperti diberitakan, Yamaha Indonesia akhirnya meluncurkan MT25 di Indonesia. MT-25 menggunakan mesin injeksi 250 cc, 2 silinder, DOHC, 8 katup, serta teknologi balap DiAsil Cylinder & Forged Piston, menggunakan transmisi 6-percepatan. Mesinnya berdaya maksimum 26,5 kW pada 12.000 rpm, dan torsi maksimum 22,6 Nm pada 10.000 rpm.

Anggota keluarga MT Series ini menggunakan lampu depan Halogen H4 12V 60/55. Speedometernya menunjukkan shift timing light, gear position, clock, odometer, analog meter, trip meter, fuel trip meter, instant fuel economy, average fuel economy, oil change indicator, oil pressure, temperature meter, neutral indicator, engine trouble warning light, dan self diagnosis, alias cukup komplet.

Identitas sebagai bagian dari jajaran MT juga bisa dilihat pada desain tank cover dan desain air shroud yang memberikan citra nan kekar.

MT25 sendiri menggunakan rangka tipe diamond dengan optimum rigidity balance, di samping penempatan mesin yang dalam hal ini merupakan bagian dari rangka sehingga secara keseluruhan menjadi ramping dan kompak.

Kenyamanan sebagai motor harian turut didukung penggunaan rubber engine mount pada rangka dan damper pada handel sehingga minim vibrasi.

 

Sumber : Otosia