PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Ingin Tidur Nyenyak Malam Ini? Makan Cokelat Saja

 

PT. Rifan Financindo Berjangka, Setelah pulang sekolah, kuliah atau kantor dan badan lelah, satu hal yang sangat ingin segera dilakukan setiap orang tentu istirahat dengan baik dan nyaman. Tak hanya itu saja, tidak sedikit dari kita yang juga sangat ingin tidur dengan nyenyak nanti malam agar saat bangun di esok pagi, badan kembali terasa lebih segar dan bugar.

Sayangnya nih ya, tidak sedikit orang yang nampaknya tidak bisa memiliki tidur yang berkualitas dan nyenyak. Kalau sudah begini, bukannya badan menjadi lebih bugar di pagi hari, yang ada badan pun terasa lebih mudah lelah, capek dan pegal-pegal. Mmm, untuk memiliki tidur nyenyak dan berkualitas sebenarnya sangat mudah kok Ladies.

Dikutip dari laman dailymail.co.uk, satu hal yang bisa dilakukan untuk dapatkan tidur nyenyak saat malam adalah makan cokelat sebelum tidur atau setidaknya saat sore hari sebelum tidur. Para ahli percaya bahwa kandungan nutrisi pada cokelat bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang dan nyaman. Jika pikiran tenang dan nyaman, tidur pun akan lebih nyenyak dan berkualitas.

Makan cokelat bisa bantu dapatkan tidur nyenyak | Photo: Copyright Thinkstockphotos.com

Penelitian yang dilakukan di Universitas Edinburgh dan Cambridge menemukan bahwa konsumsi 20 gram cokelat bisa membuat seseorang memiliki tidur lebih baik dan nyaman. Nutrisi yang terkandung di dalam cokelat juga bisa membuat pelepasan hormon penyebab stres berjalan dengan baik, suhu dan fungsi tubuh bekerja dengan baik selama orang tersebut tidur. Jika hormon stres dilepaskan dengan baik, suhu dan fungsi organ tubuh bekerja dengan baik, seseorang tidak akan khawatir ia akan mengalami insomnia atau kesulitan tidur.

Dr Gerben Van Oojien dari Universitas Edinburgh mengungkapkan bahwa,

“Cokelat adalah makanan yang baik buat fisik maupun psikologis seseorang selama ia dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Cokelat bisa pula membantu seseorang mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan nyaman. Hal ini terjadi karena nutrisi pada cokelat sangat baik buat kesehatan dan proses pelepasan hormon stres.”

Sementara itu, Dr. John O’Neill dari Universitas Cambridge mengungkapkan,

“Cokelat adalah makanan yang kaya akan kalsium. Kita tahu bahwa kalsium adalah nutrisi yang bisa bantu seseorang menjaga jam biologisnya untuk istirahat dalam waktu yang tepat dan mengesankan. Tak heran jika cokelat bisa bantu kita dapatkan tidur nyenyak saat tidur.”

Meski cokelat bisa bantu dapatkan tidur yang lebih nyenyak, baik Gerben maupun John menyarankan agar kita tetap memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Kita disarankan agar tidak boleh kekurangan asupan sayur, buah, kacang-kacangan, biji-bijian atau makanan sehat lainnya. Kita juga tak boleh kekurangan asupan air putih. Olahraga cukup, suasana kamar yang nyaman dan menyenangkan juga tak boleh dilewatkan begitu saja.

Well, jika kamu ingin dapatkan tidur nyenyak, nggak ada salahnya nih jika kamu makan cokelat. Pastikan pula bahwa kamu memiliki pola hidup yang sehat ya?

 

 

Sumber : Vemale