PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Ingin Sehat Panjang Umur? Ikuti 5 Cara Makan Orang Jepang Ini Yuk

PT. Rifan Financindo Berjangka, Tahukah Anda bahwa Negara Jepang ternyata merupakan negara dengan angka obesitas hanya 3,5 % dari semua penduduknya? Bukan hanya itu, Jepang juga merupakan negara terpanjang umur sedunia, karena rata-rata penduduk bisa hidup lebih dari 78 tahun lho. Bahkan Jepang memiliki angka paling kecil sedunia untuk penyakit kanker dan jantung.

Hal ini tentu saja ada alasannya. Seperti dikutip dari healthmeup.com, seperti kebanyakan negara lainnya, Jepang juga memiliki tingkat polusi yang tinggi, stres, dan kebiasaan merokok serta minum minuman keras, tapi makanan mereka adalah salah satu alasan utama mengapa mereka bisa hidup lebih lama dari banyak orang di seluruh dunia.

Budaya makan Jepang lah kunci dari hidup sehat awet muda yang bisa dicontoh. Ada 5 poin yang bisa diikuti, antara lain adalah

 

Mengontrol Makanan

Orang-orang Nagano dan Okinawa dikenal memiliki rentang umur paling panjang di Jepang karena kebiasaan makan mereka. Mereka akan berhenti makan sebelum benar-benar kenyang dan hanya makan secukupnya untuk membatasi porsi makan yang berlebihan.

Dengan teknik ini, mereka bisa menjaga berat badan ideal dan tetap bisa beraktivitas tanpa kelaparan atau kekurangan energi. Para ahli percaya bahwa ada jeda waktu 20 menit untuk otak menyadari bahwa sudah saatnya berhenti makan. Jadi teknik orang jepang menghentikan makan sebelum benar-benar kenyang memang hal yang sangat tepat.

 

Konsumsi Sayuran

Orang jepang banyak makan sayuran, baik segar maupun yang dimasak. Mereka bukan hanya makan sayur yang ditanam, namun juga mengonsumsi sayuran yang berasal dari laut seperti rumput laut yang kaya gizi.

Bukan hanya rendah kalori, namun juga memiliki serat yang bisa menyehatkan pencernaan dan membantu Anda kenyang lebih lama, sehingga tidak ingin makan terlalu banyak. Rumput laut mengandung yodium, sumber protein, Vitamin A, C, dan B12.

 

Perbanyak Omega-3

Kebanyakan orang Jepang makan ikan setiap hari, apalagi dalam bentuk sushi. Ikan merupakan sumber asam lemak omega-3 tak jenuh ganda yang baik untuk kesehatan jantung dan seluruh tubuh.

Banyak mengonsumsi ikan bermanfaat dalam hal meningkatkan fungsi kognitif, mengurangi risiko rheumatoid arthritis, sensorik, mental, dan perkembangan motorik bayi, serta berperan mencegah kondisi kesehatan yang serius seperti penyakit jantung dan kanker.

Konsumsi Kedelai dan Kacang-kacangan

Kacang dan biji-bijian seperti kedelai juga merupakan makanan pokok bagi orang Jepang. Kedelai bisa berupa tahu atau edamame dan susu kedelai yang mengandung protein nabati serta rendah lemak jenuh. Bahkan mie soba juga terbuat dari kedelai.

Banyak makan kedelai dapat membantu mencegah kanker payudara dan penyakit jantung. Kedelai juga kaya akan kalsium sulfat. Bukan hanya membantu keberhasilan diet Anda, namun juga memberi kesehatan tubuh lebih baik.

Minum Teh Hijau

Jika Anda menyebut teh hijau, tidak mungkin Anda tidak memikirkan Jepang. Kebiasaan minum teh sehat asal Jepang ini benar-benar ampuh menghindarkan Anda dari berbagai penyakit serius. Kekuatan antioksidan dalam teh hijau mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan pertumbuhan sel yang tidak normal dan penuaan.

Bukan hanya itu, teh hijau juga merupakan obat alami segala penyakit. Lagipula, orang Jepang juga menyajikan makanan dalam piring-piring kecil sehingga porsi makan bisa dijaga. Jadi, sekarang tidak heran kan, mengapa kebanyakan orang Jepang bisa berumur panjang dan sehat? Ingin menerapkan kebiasaan makan yang sama dengan orang Jepang?

 

Sumber : Vemale