PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Ilmuwan Tumbuhkan Organ Manusia di Dalam Babi

Ilmuwan Tumbuhkan Organ Manusia di Dalam Babi

 

PT. Rifan Financindo Berjangka, Ilmuwan berniat untuk menumbuhkan organ manusia di dalam tubuh babi. Usaha ini dilakukan untuk transplantasi organ manusia meski dari binatang.

Seperti dilaporkan ITV, Senin (6/6/2016), ilmuwan Amerika Serikat telah menginjeksi sel inti dalam embrio babi untuk memproduksi embrio babi-manusia yang dikenal sebagai chimeras. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi korslet pada orang yang ditransplantasi nantinya.

Menurut University of California, embrio chimeras akan terlihat normal seperti janin babi lainnya, hanya saja organ pankreas ini terbuat dari sel manusia. Janin ini akan berkembang selama 28 hari sebelum kehamilan selesai dan jaringan diambil untuk dianalisis.

“Harapan kami adalah bahwa embrio babi ini akan berkembang normal, tetapi pankreas akan dibuat hampir secara eksklusif dari sel manusia dan bisa kompatibel dengan pasien untuk transplantasi,” terang Pablo Ross, seorang ahli biologi reproduksi yang memimpin penelitian, kepada BBC.

Kendati demikian, rencana ini menjadi kontroversi karena kebanyakan agensi riset medis AS menolak untuk membiayai eksperimen ini. Peter Stevenson dari Compassion in World Farming mengatakan kepada BBC bahwa ia khawatir hal itu akan menyebabkan ?sumber baru penderitaan hewan?.

Kritik juga mengatakan bahwa penelitian itu bisa mengarah pada pengembangan peternakan organ. Kekhawatiran lain berhubungan dengan kemungkinan sel-sel manusia yang ditanamkan mungkin bermigrasi ke otak babi sehingga dia berkembang dan membuatnya lebih manusiawi.

 

 

Sumber : Okezone