PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Turun Terendah 3 Minggu, Terbebani Penguatan Dollar AS

PT Rifan Financindo

 

PT Rifan Financindo – Harga Emas turun ke level terendah tiga minggu pada akhir perdagangan hari Jumat (16/06), terbebani penguatan dollar AS karena investor mulai menilai potensi kenaikan suku bunga A.S. lainnya di tahun ini, didukung oleh data pekerjaan A.S. yang kuat.

Harga emas spot LLG turun 0,54 persen menjadi $ 1,253.84 per ons. Ini merupakan tanda terlemahnya sejak 26 Mei, sebuah sesi ketika mencapai level terendah di $ 1,256.65 di sesi sebelumnya.

Harga emas berjangka A.S. untuk pengiriman Agustus turun $ 21,30 untuk menetap di $ 1,254.60 per ons.

Indeks dolar AS naik 0,3 persen setelah the Fed menaikkan suku bunga dan juga mengarahkan jalan menuju pemangkasan dana darurat besar yang dipompa ke ekonomi sejak 2009.

Namun kerugian di emas terbatas, dengan emas didukung oleh segudang ketidakpastian global, termasuk laporan bahwa Presiden Amerika Serikat Donald Trump sedang diselidiki.

Federal Reserve A.S. menaikkan suku bunga seperti yang diharapkan pada hari Rabu dan mengindikasikan pengetatan lebih lanjut sebelum akhir tahun.

Suku bunga yang lebih tinggi negatif untuk emas karena hal itu meningkatkan biaya kesempatan untuk memegang emas yang tidak menghasilkan emas dengan tidak mengharapkan keuntungan bunga atas kepemilikan tunai.

Emas mendapatkan beberapa dukungan dari pembelian safe haven setelah Washington Post melaporkan bahwa Trump sedang diselidiki oleh pengacara khusus Robert Mueller atas kemungkinan menghalangi keadilan.

Di antara logam mulia lainnya, perak turun 0,63 persen menjadi $ 16,76 per ons setelah mengalami penurunan lima sesi berturut-turut dan menetap lebih tinggi pada hari Rabu.

Palladium naik 0,06 persen menjadi $ 863,50 per ons, sementara platinum turun 1,52 persen pada $ 921,25 per ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas selanjutnya berpotensi naik dengan adanya gejolak politik di AS dan pelemahan bursa Wall Street. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance 1,256 – $ 1,258, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,252 – $ 1,250. PT Rifan Financindo.

 

 

Sumber : Vibiznews

Leave a Reply