PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Turun Setelah Data Ekonomi AS Positif

Rifan Financindo

 

Rifan Financindo – Harga Emas turun pada akhir perdagangan Jumat dinihari (23/12), setelah rilis data ekonomi AS positif.

Pesanan baru untuk barang modal buatan AS naik lebih dari yang diperkirakan pada bulan November. Data lain pada Kamis menunjukkan ekonomi tumbuh lebih cepat dari perkiraan sebelumnya pada kuartal ketiga, namun jumlah orang Amerika yang mengajukan bantuan pengangguran mencapai tertinggi enam bulan pekan lalu dan belanja konsumen AS meningkat sederhana pada bulan November.

Harga emas spot turun 0,23 persen pada $ 1,129.10 per ons, sementara harga emas berjangka AS untuk pengiriman Februari berakhir di $ 1,130.70 per ons.

Sebuah bukti lebih konsisten dari kekuatan ekonomi AS bisa mendorong The Fed untuk menaikkan suku bunga lebih, yang akan memberikan tekanan pada harga emas. Permintaan suku bunga yang lebih tinggi menekan emas, yang dihargakan dalam mata uang AS.

Kepemilikan SPDR Gold Trust, emas terbesar di dunia yang didukung exchange-traded fund, terus jatuh pada hari Rabu, kehilangan 0,4 persen untuk mencapai 824,54 ton. Kepemilikan turun lebih dari 12 persen sejak November.

Perak naik 0,3 persen menjadi $ 15,98 per ons. Platinum turun 0,4 persen pada $ 910,90 dan palladium jatuh untuk sesi ketujuh, turun 0,1 persen pada $ 656,75.

Spread antara platinum dan paladium kontraksi tajam ke tersempit di hampir 15 tahun awal bulan ini di $ 141 per ons, sebagai akibat dari kinerja keluar palladium ini. Logam autocatalyst telah meningkat 16 persen tahun ini, sementara platinum telah naik 2 persen. Penyebaran saat ini sekitar $ 250, setelah rata-rata $ 465 selama 30 tahun terakhir.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas untuk perdagangan selanjutnya berpotensi lemah dengan menguatnya data ekonomi AS. Namun perlu dicermati jika pelemahan bursa Wall Street melemahkan bursa Asia, akan mengangkat harga emas. Harga emas diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,127-$ 1,125, namun jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,131-$ 1,133. Rifan Financindo.

 

 

Sumber : Vibiznews